Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 15, 2018 in Articles | 0 comments

Keluarga adalah Motivator

Sukri nama supir taxi yang mengantar saya dari rumah ke Radio Sonora untuk talkshow bersama dengan Panangian School of Property. Dalam perjalanan sekitar 1,5 jam tersebut, beberapa hal kami bicarakan.

Pertanyaan pertama yang saya tanyakan adalah “Sudah berapa lama di taxi ?”

“Empat tahun” jawab Sukri.

“Tiga bulan pertama, saya hampir menyerah karena hasilnya yang sangat sedikit” sambung Sukri.

“Untung, istri saya mendorong saya untuk coba lagi” katanya dengan semangat. Istrinya menjadi Motivator yang memotivasi dan mendorong Sukri yang membuat ia dapat bertahan melawan kelelahan saat menjadi supir taxi. Dukungan dari keluarga merupakan kunci sukses bagi sebagian besar orang dalam meraih cita-citanya atau dapat bertahan menghadapai tantangan demi tantangan untuk sukses didalam karir dan bisnisnya.

Dukungan dari keluarga merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan orang didalam hidup,karir dan keluarga.  Sebuah survey yang dilakukan oleh Thomas J Neff dan James M Citrin (1999) yang dituangkan dalam buku mereka berjudul Lesson FromThe Top. Pada tahap pertama, penulis buku meminta kepada sekitar 500 orang (CEO dari berbagai perusahaan, LSM, dan dekan atau rektor perguruan tinggi) agar mereka menominasikan 50 nama orang-orang yang menurut mereka orang tersukses di Amerika. Dari mereka, akhirnya diperoleh 50 nama yang beberapa di antaranya adalah:

Jack Welch (General Electric), Bill Gates (Microsoft) , Andy Grove (Intel) , Lou Gerstner (IBM) , Michael Dell (Dell Computer) , Mike Armstrong (AT&T) , John Chambers (Cisco System), Frederick Smith (Federal Express) Steve Case (America Online), Elizabeth Cole (American Red Cross), Michael Eisner (Walt Disney), Ray Gilmartin (Merck), Hank Greenberg (AIG) , Alex Trotman (Ford Motor Company), Bill Steere (Pfizer), Howard Schultz (Starbucks),  Ralph Larsen (Johnson&Johnson)

Kemudian di tahap selanjutkan, Neff dan Citrin melakukan wawancara kepada 50 orang terpilih tersebut satu-per-satu. Salah satu pertanyaan di wawancara itu, mengenai rahasia sukses mereka. Jawaban mereka kemudian di rangkum di dalam bab kesimpulan yang memuat 10 kiat yang menurut 50 orang tersebut paling menentukan kesuksesan mereka.  Tahukah Anda? Dari sepuluh kiat sukses tersebut tak satupun menyebut pentingnya memiliki keterampilan teknis alias hardskills sebagai persyaratan untuk  sukses di dunia kerja.

Lima puluh orang tersebut senada mengatakan  bahwa yang paling menentukan kesuksesan mereka bukanlah keterampilan teknis, melainkan kualitas diri yang termasuk dalam katagori softskills atau keterampilan berhubungan dengan orang lain (people skills).

Berikut  ini adalah 10 kiat sukses 50 orang tersukses di Amerika tersebut. Ten Common Traits of the Best Business Leaders :

Passion, Intelligence and clarity of thinking, Great communication skills (Belajar Public Speaking)

High energy level , Egos in check , Inner peace , Capitalizing early life experience

Strong family lifes, Positive attitude and Focus on “doing the right things right”

Sekali lagi, survey diatas membuktikan bahwa dukungan dari keluarga (Strong family lifes) adalah salah satu faktor yang menyebabkan orang-orang sukses di Amerika berhasil dalam hidupnya.

 

shareSeriale Online

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *