Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Menaikkan BBM Dalam Presentasi

Motivator | Pembicara | Public Speaking Efektivitas sebuah presentasi sangat ditentukan oleh bagaimana sang pembicara membawakan presentasi tersebut. Pembicara harus bisa membuat presentasi atau public speaking yang tengah ia bawakan menjadi menarik dan asik sehingga audiens yang hadir mendengar serta menyimak materi presentasi dan terlibat aktif dalam kelas tersebut.

Kemampuan sebagai pembicara yang baik juga bisa dibangun dengan adanya jam terbang. Namun, untuk dapat dipercaya untuk membawakan materi presentasi tentu Anda harus bisa menunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Anda dapat membuat sebuah presentasi yang baik dan menarik dengan memberi kenyamanan, pujian, dan juga menerima kritik maupun saran dari audiens Anda.


Baca juga : Alur cerita drama dalam public speaking

Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan BBM dalam presentasi Anda :

1. Bangun kenyamanan

Bangunlah Kenyamanan audiens dengan melibatkan mereka dalam presentasi yang Anda lakukan. Anda dapat menjadikan mereka sebagai model dari contoh-contoh yang ada dalam materi presentasi Anda sehingga mereka dapat terlibat aktif dalam proses belajar.

2. Berikan Pujian

Berikanlah pujian-pujian untuk semua respon positif yang disampaikan oleh audiens Anda, bahkan untuk hal kecil sekalipun. Hal ini akan membuat terbangunnya sebuah hubungan yang akrab dan hangat antara Anda sebagai pembicara dan mereka sebagai audiens atau peserta.

3. Menerima

Menerima pendapat, ide, atau gagasan yang diberikan oleh audiens Anda merupakan salah satu bentuk atau bagian dari proses belajar mengajar yang sementara Anda lakukan. Karena sumber ilmu tidak hanya berasal dari Anda sebagai pembicara, namun juga mereka sebagai peserta.

Ayo lakukan ketiga hal tersebut agar presentasi Anda menjadi lebih menarik dan berjalan baik.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x