Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Kesalahan Dalam Menjawab Pertanyaan Saat Public Speaking

“Semua orang membuat kesalahan, tapi hanya orang bijak yang belajar dari kesalahan mereka.” – Winston Churchill.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Kesalahan Dalam Menjawab Pertanyaan | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Setiap orang pasti melakukan kesalahan. Namun tidak semua orang mau belajar dari kesalahan yang dilakukan dan yang lebih celakanya lagi ada beberapa orang yang bahkan tidak sadar ketika tengah melakukan kesalahan. Sama halnya ketika saat presentasi, mungkin Mereka tak pernah sadar bahwa saat presentasi Mereka melakukan kesalahan yang justru membuat presentasi yang Mereka lakukan menjadi tidak menarik. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah ketika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens. Dan inilah kesalahan yang sering dilakukan orang ketika menjawab pertanyaan audience dalam public speaking atau presentasi !

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Perumpamaan Dalam Presentasi

1. Mengumpulkan Pertanyaan

Salah satu kebiasaan yang keliru yang sering Kita lakukan adalah mengumpulkan pertanyaan dengan mengatakan “Ayo Kita kumpulkan tiga pertanyaan lalu akan dijawab”. Mengumpulkan pertanyaan terkadang menyebabkan terjadinya distorsi dari pertanyaan pertama, kedua dan ketiga. Alangkah baiknya satu pertanyaan langsung Anda jawab.

2. Terlalu Fokus Menjawab Pertanyaan

Kesalahan kedua dalam menjawab pertanyaan saat public speaking atau presentasi adalah terlalu fokus menjawab pertanyaan. Saat Anda terlalu fokus menjawab pertanyaan dan akhirnya hanya terlibat komunikasi dengan sang penanya secara personal maka akan menyebabkan peserta yang lain merasa diabaikan dan akhirnya Mereka beraktifitas atau membuat kegiatan di luar aktivitas belajar Mereka. Semestinya ketika Anda menjawab pertanyaan, jawaban itu Anda berikan kepada seluruh audience yang hadir dan bukan kepada sang penanya saja.

3. Melakukan Konfirmasi

Kesalahan terakhir yang kerap kali dilakukan ketika menjawab pertanyaan dalam public speaking adalah melakukan konfirmasi. Biasanya setelah Anda jawab pertanyaan, Anda akan bertanya “Apakah Bapak/Ibu puas dengan jawaban yang Saya berikan ?”. Puas ini subjektif dan puas ini tidak dapat diukur karena kebenarannya tergantung kepada pribadi dari masing-masing orang yang ditanyai.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x