Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 17, 2018 in Articles | 0 comments

Ketakutan dalam Public Speaking

Ketakutan dalam Public Speaking

Keringat dingin, jantung berdebar, tangan gemetar, dengkul terasa mau copot dan wajah mendadak pucat. Ini bukan disebabkan karena malaria tapi terserang penyakit akut. Demam panggung adalah penyebab dari semua gejala ini.

Apabila anda merasakan gejala yang sama, tidak perlu susah hati atau kuatir berlebihan because you’re not alone kata Michael Jackson.

Survei yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book of list terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan didalam hidup. Dan ternyata orang Amerika mayoritas lebih berani mati ketimbang Public Speaking kerena kematian berada diurutan ketujuh sementara Public Speaking menempati urutan pertama, mengalahkan : Ketinggian, Serangga dan Hama termasuk bangkrut.

630 orang atau sekitar 21% (urutan teratas) dari para responden mengatakan bahwa hal yang paling mereka takutkan adalah Public Speaking. Jadi, jika anda mengalami hal yang sama, don’t worry be happy.

Ketakutan berbicara dihadapan orang banyak salah satunya disebabkan oleh karena asumsi yang keliru dan anggapan yang tidak tepat mengenai Public Speaking. Begitu banyak orang yang mengalami ketakutan disebabkan beberapa hal ini :

1. Takut salah dan keliru

2. Takut di tanyai dan tidak dapat menjawab

3. Takut lupa

4. Takut audiens lebih pintar

5. Takut dipermalukan

FEAR kata dalam bahasa ingris yang berarti takut sebetulnya adalah singkatan dari False Evidence Appearing Real (Tanda-tanda palsu yang kelihatannya nyata). Ketakutan-ketakutan tersebut sebetulnya hanya “ilusi” atau buatan kita sendiri. Dari pengalaman saya selama lebih dari tujuh tahun menjadi Motivator, saya tidak pernah menemukan audiens yang “menakutkan” atau yang mempermalukan saya karena mereka lebih menguasai materi yang saya bawakan. Justru sebaliknya, para audiens yang memiliki ilmu dan pengetahuan lebih terkadang membantu dalam sebuah presentasi dengan share pengalaman mereka. Mungkin, ada benarnya kata pepatah, padi yang sudah matang akan menunduk.

Cara yang temudah untuk mengatasi ketakutan ini adalah dengan mulai berpikir positif. Pikirkan dan bayangkanlah apa yang anda ingin dapatkan saat Public Speaking dan bukannya apa yang anda tidak ingin dapatkan. Semisalnya :

a. Jika anda ingin mendapatkan audiens yang menyenangkan, bayangkanlah akan hal itu.

b.Jika anda ingin presentasi anda berjalan dengan baik, maka bayangkanlah akan hal tersebut

Ada banyak teknik yang biasanya saya ajarkan dalam Seminar Public Speaking untuk mengatasi hal ini. Dan jika anda membutuhkan ilmu Public Speaking khususnya untuk Presentasi, Pidato atau Orasi maka anda dapat Belajar Public Speaking di Public Speaking Academy.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *