Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Komunikasi Pemimpin Hebat

Great leaders communicate and great communicators lead.” – Simon Sinek

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Komunikasi Pemimpin Hebat

Komunikasi merupakan hal yang kerap kali dilakukan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk pada saat berbisnis dan Anda menjadi seorang pemimpin. Menurut Richard Branson seorang billionaire entrepreneur mengatakan bahwa komunikasi adalah keterampilan paling penting yang harus dimiliki setiap pemimpin. Pentingnya peran komunikasi dalam mendorong keberhasilan seorang pemimpin, akan memperoleh manfaat besar dengan memeriksa dan menerapkan aturan-aturan komunikasi yang efektif. Lalu, bagaimana cara seorang pemimpin hebat berkomunikasi ?

Berikut cara pemimpin hebat berkomunikasi menurut Carmine Gallo seorang Harvard instructor and bestselling author of ten books translated into more than 40 languages :

Baca juga : Skill yang Diperlukan Seorang Pemimpin

1. Gunakan kata-kata pendek tentang hal sulit
Daniel Kahneman seorang Nobel Prize Winning in Thinking, Fast and Slow berbicara bahwa jika Anda peduli dengan pemikiran yang kredibel dan cerdas, jangan gunakan bahasa yang rumit, gunakan bahasa yang lebih sederhana. Beliau juga berpendapat bahwa pembicara dan penulis persuasif melakukan segala hal yang mereka dapat lakukan untuk mengurangi ketegangan kognitif.

2. Menggunakan metafora yang dapat memperkuat konsep utama
Metafora adalah alat yang ampuh untuk membandingkan ide-ide abstrak dengan konsep-konsep yang sudah dikenal. Metafora membawa orang pada suatu perjalanan tanpa harus meninggalkan tempat duduknya. Dalam bisnis, metafora adalah jalan pintas untuk mengkomunikasikan informasi kompleks dalam frasa yang singkat dan menarik.

3. Memanusiakan data untuk menciptakan nilai
Pengurangan beban kognitif dan membuat data menjadi menarik adalah dengan memanusiakannya, yakni menempatkan angka dalam perspektif. Menampilkan slide powerpoint dengan statistik dan grafik hanya menambah beban kognitif, sehingga semaksimal mungkin Anda harus membuat suatu data menjadi menarik, mudah diingat, dan pada akhirnya persuasif. Untuk menunjukkan nilai ide Anda, memanusiakan data dan membuatnya relevan bagi pendengar Anda.

4. Jadikan misi sebagai manta untuk menyelaraskan tim
John Kotter seorang Harvard Business School professor menemukan bahwa sebagian besar pemimpin kurang menyampaikan misinya. Anda harus menjadi pemimpin transformasional yang mengulangi misi sehingga menjadi mantra. Mantra adalah pernyataan atau slogan yang membangun kekuatan ketika diulang-ulang. Komunikasi yang berlebihan memicu dampaknya.


Cobalah memperhatikan sepuluh hal di atas, sehingga Anda dapat mulai membangun bisnis. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi 
Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Bagaimana leader yang baik berkomunikasi(?)
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x