Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Kunci Presentasi Yang Sukses

“Sukses adalah jumlah dari usaha-usaha kecil yang dilakukan secara berulang-ulang pada hari demi hari.” – Robert Collier.


Pembicara | Motivator | Motivator Indonesia | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Kunci Presentasi Yang Sukses

Presentasi yang menarik selain akan membantu penjualan Anda juga akan membantu meningkatkan kredibilitas Anda dimata audiens. Akan tetapi tidak lah mudah untuk menguasai ilmu ini karena banyak factor penunjang keberhasilan sebuah presentasi.

Pengalaman Saya membantu lebih dari 50.000 peserta, membantu 7 Kementrian Republik Indonesia dan membantu 4 bank terbesar di Indonesia dalam kelas-kelas public speaking, mendapati bahwa minimal ada 3P yang harus dilakukan agar Anda dapat membawakan presentasi yang menarik. Lalu apa saja yang dimaksud 3P dalam presentasi ?

Baca Juga : 3D Dalam Presentasi

Berikut adalah 3P yang harus dilakukan agar Anda dapat membawakan presentasi yang menarik dan terhindar dari kegagalan :

1. Preparation

“Jika Anda gagal membuat rencana itu berarti Anda berencana untuk gagal” sebuah kutipan yang popular Kita dengar. Persiapan adalah factor pertama yang harus Anda lakukan untuk dapat berdiri penuh percaya diri dihadapan audiens Anda.

Persiapan juga berarti Anda mencari data-data penunjang materi presentasi Anda. memasukan bumbu-bumbu cerita yang menarik sebagai cara memperkuat illustrasi Anda, sehingga mudah dipahami oleh audiens Anda.

2. Practice

Saya yakin Anda setuju dengan ungkapan “Practice make perfect.” Benar sekali bahwa kunci kesuksesan dalam presentasi adalah latihan yang terus-menerus terhadap materi yang akan Anda bawakan.

3. People

Presentasi berhubungan dengan banyak orang, oleh karena itu memiliki ilmu menangani audiens adalah komponen berikut yang harus Anda kuasai. Salah satu cara menguasai audiens adalah dengan mengetahui latar belakang pendidikan, budaya dari audiens Anda. Hal ini akan banyak membantu Anda dalam pemilihan kata dan humor yang Anda lemparkan keaudiens Anda.

Inilah 3P dalam presentasi. Mari berjanji pada diri Anda sendiri untuk mulai mempraktekannya sehingga presentasi yang Anda bawakan dapat lebih menarik dan terhindar dari kegagalan !

Ingin membaca artikel menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x