Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Loyalitas Konsumen, Kunci Kesuksesan Bisnis Anda !

“Do what you do so well that they will want to see it again and bring their friends.” – Walt Disney

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Loyalitas Konsumen, Kunci Kesuksesan Bisnis Anda

Bisnis perlu menciptakan konsumen yang loyal agar tetap bertahan dan mendorong pertumbuhan merek. Studi dari Gartner Industry menunjukkan bahwa mendapatkan konsumen baru lebih mahal daripada mempertahankan konsumen yang sudah ada. Oleh karena itu, pentingnya sebuah bisnis untuk menerapkan kunci sukses untuk membangun loyalitas konsumen untuk memberikan segudang manfaat bagi bisnis Anda. Sebagai sebuah bisnis, Anda dapat mendapatkan loyalitas dengan menawarkan produk dan layanan yang baik dan membantu konsumen.

Loyalitas konsumen merupakan wujud keberhasilan suatu bisnis dalam menerapkan hal-hal yang bernilai dalam suatu bisnis. Menurut Nyimas Pamela Anisa Dewi seorang senior content marketing at Mekari menjelaskan bahwa loyalitas konsumen berarti konsumen cenderung terus membeli dari perusahaan atau merek tertentu karena mereka puas dengan apa yang telah mereka terima dan pengalaman mereka. Loyalitas ini ditunjukkan dengan adanya pemberian dukungan dan kepatuhan yang konsisten terhadap merek. Lalu, bagaimana cara untuk mambangun loyalitas konsumen ?

Berikut cara membangun loyalitas konsumen menurut Sarah Olson seorang senior content markerting specialist :

Baca juga : Ciptakan Pengalaman Konsumen yang Bermakna – Bukan Sekadar Transaksi

1. Komunikasikan nilai yang Anda miliki
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat strategi pemasaran untuk menguraikan apa yang membuat merek Anda menonjol, tujuan, dan bagaimana nilai-nilainya selaras dengan keyakinan inti konsumen Anda. Pemasaran Anda harus fokus pada atribut merek yang unik untuk merek Anda dan di mana Anda dapat menonjol dari pesaing Anda.

2. Berikan layanan konsumen yang luar biasa
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dimensional Research menunjukkan bahwa 89% percaya bahwa respon cepat terhadap pertanyaan awal adalah penting ketika konsumen memutuskan pembelian. Dan faktanya, konsumen yang memiliki pengalaman buruk akan langsung berpindah kepada merek pesaing. Sehingga Anda harus memastikan bahwa merek Anda memberikan layanan konsumen terbaik.

3. Aktifkan loyalitas untuk penyebaran
Konsumen yang puas dengan pelayanan Anda akan dengan sangat mudah menyebarluaskan merek Anda pada sosial media. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan kejutan konsumen, yaitu hadiah khusus sebagai ucapan terima kasih atas kesetiaan mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan retensi dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

4. Tunjukkan apresiasi dengan program loyalitas
Anda dapat memberikan insentif pada pembelian berulang dengan penawaran khusus, diskon atau fasilitas. Anda juga daapt membuat program loyalitas. Dengan memberikan konsumen hadiah, Anda membuat mereka merasa senang membeli dan memotivasi mereka untuk terus kembali.

5. Terhubung lebih dalam
Anda dapat membuat forum komunitas dengan memberikan berbagai macam topik yang dibahas, seperti tips dan trik untuk mengoptimalkan produk. Forum komunitas membantu Anda sebagai alat untuk mengumpulkan masukan dan saran produk dari beberapa konsumen Anda.

6. Minta kritik dan saran
Survei kepuasan pelanggan biasanya digunakan setelah adanya interaksi dukungan. Survei ini akan memberi Anda gambaran mengenai senangnya konsumen Anda dengan bantuan yang diterima. Tanggapi kritik dan saran dengan serius agar dapat membantu meningkatkan kepuasan dan membangun loyalitas.

7. Terus tingkatkan pengalaman konsumen
Perhatikan pengalaman konsumen Anda dan lakukan apa pun yang Anda bisa untuk membuat hidup konsumen Anda lebih mudah. Tingkatkan hal-hal yang berhubungan dengan konsumen, agar konsumen merasakan dampak dari peningkatan.


Cobalah memperhatikan tujuh hal di atas, sehingga Anda dapat membangun lotalitas konsumen. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x