Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Manajemen Tim yang Efektif ? Ini Rahasianya !

Good teams incorporate teamwork into their culture, creating the building blocks for success.” – Ted Sundquist

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Manajemen Tim yang Efektif ? Ini Rahasianya !

Manajemen tim adalah salah satu hal terpenting dalam setiap bidang. Manajemen tim merupakan kekuatan yang mendorong kemajuan dalam tugas semua anggota tim. Selain itu, manajemen tim dapat menjaga hubungan yang sehat antar rekan satu tim. Hal ini berarti manajemen tim lebih dari sekedar koordinasi dan pengendalian kerja.

Manajemen tim yang efektif tidak hanya memimpin tim dengan arahan untuk memenuhi tenggat waktu dan/atau menyelesaikan pekerjaan. Adanya manajemen tim yang efektif menghasilkan proyek atau tugas dapat diselesaikan dengan baik dan sukses. Tanpa manajemen tim yang efektif, seluruh potensi yang dimiliki anggota tim akan sia-sia. Oleh karena itu, setiap tim memiliki manajer sebagai penanggung jawab atas manajemen yang efektif. Hal ini didukung oleh pernyataan Vartika Kashyap seorang chief marketing officer bahwa saat ia menjadi anggota tim hingga manajer tim, ia menyadari bahwa keterampilan manajemen tim yang buruk akan berdampak pada pekerjaannya. Lalu, bagaimana untuk membentuk suatu manajemen tim yang efektif?

Berikut 5 tips untuk membangun manajemen tim yang efektif menurut David Pedra seorang journalist graduated from UFMG and digital marketing since 2018:

Baca Juga: Bagaimana leader yang baik berkomunikasi(?)

1. Berbagi visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan
Manajemen tim yang efektif tercipta karena adanya integrasi dan rasa saling memiliki antar anggota perusahaan. Menciptakan integrasi dan rasa saling memiliki antar anggota perusahaan dapat dicapai dengan berbagi visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

2. Komunikasi dan kreativitas
Komunikasi adalah hal terpenting, hal ini dibutuhkan untuk menciptakan manajemen tim yang efektif. Tunjukkan bahwa lingkungan kerja merupakan tempat bagi mereka untuk mengekspresikan diri, bertukar pikiran dan dapat diterima. Adanya komunikasi yang baik akan menimbulkan kreativitas yang mengalir sehingga ide-ide cemerlang bermunculan. Oleh karena itu, dorong keikutsertaan semua orang untuk dapat terlibat dalam berkomunikasi.

3. Memahami keterampilan karyawan
Memahami keterampilan karyawan dapat berguna untuk mengalokasikan sumber daya manusia pada tugas-tugas sesuai dengan kemampuan dan kegemarannya. Anda dapat menghabiskan waktu dengan karyawan untuk menemukan preferensi mereka dan tugas yang mereka kuasai. Mendelegasikan fungsi yang sesuai akan memiliki dampak signifikan pada tingkat produktivitas tim.

4. Melakukan evaluasi
Evaluasi berguna untuk mencatat hasil yang telah dicapai dan mendiskusikan apa yang masih perlu dilakukan dan/atau diperbaiki. Selain itu, evaluasi juga berguna untuk penyelarasan tim, memvisualisasikan kesalahan, dan pujian ketika ada kemajuan. Dalam melakukan evaluasi, berikan kritik yang membangun dan terbuka dengan basis dua arah.

5. Berikan contoh kepada karyawan
Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memberikan contoh kepada karyawan Anda. Mereka perlu melihat Anda dan merasa percaya diri, kredibilitas, dan menginspirasi. Sehingga, mereka mendapatkan gambaran dan dapat mencontoh perilaku dan kinerja Anda agar menghasilkan manajemen tim yang efektif.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat menciptakan manajemen tim yang efektif. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi
Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini: 5 Tips Komunikasi Efektif dalam Leadership
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x