Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jun 12, 2018 in Articles | 0 comments

Mapping Your Audiens–Experts vs Beginners (Motivator)

Mapping Your Audiens–Experts vs Beginners (Motivator)

“Pembicara yang baik selalu dikalahkan oleh persiapan yang baik” Ongky Hojanto Motivator

Hal Pertama yang harus anda persiapkan dalam menyusun sebuah materi seminar atau pelatihan adalah mengetahui harapan dari audiens anda terhadap topik yang anda sampaikan

Ada beberapa persepsi dari audiens berikut ini yang dapat anda gunakan untuk mengumpulkan informasi guna menyusun sebuah materi presentasi yang menarik

1. Experts vs Beginners

Penting untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman dari audiens yang hadir dalam seminar anda, mengenai materi yang akan anda sampaikan. Oleh karena jika materi yang anda sampaikan dirasa terlalu “dangkal”, maka audiens anda merasa tidak akan mendapatkan apa-apa dari pembahasan anda.

Sebaliknya, jika materi yang anda bahas terlalu “dalam” mungkin sulit dipahami oleh audiens anda.

Salah satu cara terbaik adalah dengan membuat survey sebelum presentasi atau seminar anda dimulai. Ini yang sering saya lakukan saat diundang untuk memberikan seminar diperusahan-perusahan. Saat sebuah perusahan berniat mengundang saya untuk memberikan seminar di perusahan mereka, kami akan mencari tahu terlebih dahulu latar belakang pendidikan dan lama bekerjanya para audiens yang akan hadir.

Ini penting agar saya dapat menyusun materi presentasi yang cocok dengan tingkat pengetahuan yang mereka miliki.

Akan tetapi jika anda tidak memiliki kesempatan untuk melakukan survey, maka salah satu hal terbaik yang dapat dikerjakan adalah membuat rencana A dan juga menyiapkan rencana B. Rencana A untuk audiens yang tingkat pengetahuan yang lebih tinggi dan rencana B untuk audiens yang tingkat pengetahuan biasa saja.

Dan sebelum memulai presentasi anda, anda dapat bertanya kepada para audiens sedikit tentang materi yang akan anda bahas untuk mengetahui tingkat pengetahuan mereka.

“Siapa yang yang pernah belajar mengenai NLP?”

“Apa sih NLP itu?”

“Tiga hal yang anda ketahui mengenai NLP”

Dari jawaban yang dilontarkan oleh audiens anda, anda dapat mengetahui tingkat pengetahuan yang mereka miliki. Tidak usaha segan untuk pindah ke rencana B, jika diharuskan setelah anda melakukan evaluasi.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *