Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Feb 12, 2018 in Articles | 0 comments

Mati Kutu di hadapan Audiens

Mati Kutu di hadapan Audiens

 

Motivator Indonesia | “Pak, saya pernah mati kutu di hadapan audiens. Tobat tujuh turunan untuk presentasi” kata Ivan seorang peserta workshop certified public speaking.

Saya yakin anda tidak ingin mengalami hal yang sama dengan pak Ivan, menjadi mati kutu di hadapana audiens anda. Ada tiga hal yang harus anda lakukan agar bisa menghindari hal ini :

  1. Menguasai materi presetasi anda

Tentunya anda akan mudah menjelaskan jika anda menguasai apa yang anda bawakan. Anda juga dapat menggali beberapa sumber lain sebagai bahas pelengkap materi yang akan anda sampaikan. Kuasailah poin-poin kunci apa yang akan anda bagikan dan tidak hanya sekedar menghafal isi presentasi anda

  1. Mengetahui siapa audiens anda

Cobalah cek dan cari tahu profile dari audiens anda, hal ini akan membantu anda dalam pemilihan joke atau bahasa yang akan anda gunakan. mengetahui audiens anda juga akan membuat anda lebih nyaman dalam berinteraksi dengan mereka

  1. Mengetahui cara menjawab pertanyaan

Mulailah melakukan simulasi, kira-kira pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh audiens anda. Dan jika anda tidak memiliki jawaban atas pertanyaan yang ditanyakan, maka lakukanlah beberapa hal ini :

A. Jujur

Jujur akan lebih baik dibandingkan sikap sok tahu. Katakanlah anda belum memiliki jawaban yang pasti atas pertanyaan yang ditanyakan.

B. Minta audiens diskusi

Anda dapat meminta audiens membahas pertanyaan dari peserta dalam bentuk diskusi, lalu tugas anda menyimpulkan jawaban mereka.

Mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *