Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4  Tips Menghadapi Complain Customer

“Don’t dwell on what went wrong. Instead, focus on what to do next. Spend your energy moving forward to find the answer.” – Denis Waitley.


Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Public Speaking | Menghadapi Complain Customer

Ada pelanggan yang complain, kemudian merasa kecewa dan tidak balik lagi. Ada pelanggan yang complain, kemudian merasa kecewa dan meminta uangnya kembali. Namun disisi lain ada pelanggan yang complain, kemudian memberi saran dan kembali lagi. Pertanyaan Saya apa yang mampu membedakan ketiga hal tersebut ? Padahal pelanggan sama-sama dibuat kecewa dengan adanya sebuah kesalahan. Ternyata cara menghadapi complain customerlah yang menjadi jawabannya ! lalu bagaimana cara menghadapi complain customer dengan baik dan tepat ?


Baca Juga : 5 Strategi Meningkatkan Penjualan

Berikut Adalah 4 Tips Menghadapi Complain Customer :

1. Dengarkan Keluhan dan Cek Kembali

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika menerima complain dari pelanggan adalah dengarkan dengan sesama terlebih dahulu apa yang menjadi masalah bagi pelanggan. Kemudian lakukanlah pengecekan kembali terhadap apa penyebab terjadinya permasalahan tersebut. Apabila kesalahan timbul akibat kekeliruan yang telah Anda atau team Anda lakukan maka minta maaflah dengan tulus dan katakan juga bahwa Anda akan mengatasi permasalahan tersebut dengan jangka waktu tertentu. Namun apabila kesalahan terjadi akibat kesalahpahaman maka jelaskanlah dengan baik dan benar.

2. Berikan Solusi Terbaik

Jangan terfokus pada apa yang salah. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang harus dilakukan selanjutnya. Habiskan energy Anda untuk bergerak maju menemukan jawabannya. Hal tersebut selaras dengan yang dikatakan oleh Denis Waitley. Penanganan keluhan dari pelanggan tidak dapat dikatakan selesai apabila belum ada solusi yang ditemukan untuk menyelesaikannya.

3. Bersikap Luwes dan Jangan Kaku

Terkadang sikap kaku dapat keluar akibat kegugupan Kita dalam menghadapi pelanggan yang tengah emosi. Namun tahukah Anda sikap yang kaku saat menangani keluhan pelanggan justru dapat membuat pelanggan terpancing untuk semakin emosi. Oleh karena itu, untuk dapat menanganinya dengan baik Anda harus bersikap luwes , tetaplah tersenyum meskipun dipaksakan dan jelaskanlah solusi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut secara perlahan-lahan.

4. Berikan Perbaikan Extra

Terkadang meskipun Kita telah meminta maaf dengan tulus dan telah melakukan perbaikan namun ada saja beberapa keluhan pelanggan yang berlarut-larut sehingga untuk menangani complain seperti ini Kita memerlukan cara khusus. Misalnya, Anda dapat menawarkan hadiah gratis, voucher, souvenir atau potongan harga pada pembelian selanjutnya. Selain dapat membuat pelanggan merasa senang, hal tersebut juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan review yang positif dari pelanggan.

Inilah 4 tips menghadapi complain customer dengan baik. Mari gunakan 4 tips diatas agar Anda tidak kehilangan customer terbaik Anda dan tidak ada lagi customer yang menjadi lost customer.


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga Bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x