Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Lima belas tahun lalu Saya bukanlah orang yang memiliki rasa percaya diri untuk tampil di depan banyak orang. Jangankan berbicara di depan 20 atau 30 orang, berbicara di depan 5, 6, atau 7 orang saja sudah membuat Saya getar, gugup, keringat dingin dan kadang-kadang harus bolak-balik ke kamar mandi.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Melawan Rasa Takut | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Suatu ketika di tempat Saya bekerja terjadi pergantian pimpinan. Pimpinan Saya sebelumnya bernama Pak Dwi beliau dipindah tugaskan dan digantikan oleh seorang Ibu, bernama Ibu Megi. Agak berbeda dengan Pak Dwi pimpinan yang lama, Ibu Megi adalah seorang komunikator yang handal. Jauh dari bayangan Saya bahwa ada seorang akuntan yang dapat berkomunikasi sebaik itu. Dalam setiap pertemuan atau meeting dengan head department, Ibu Megi ini terkadang mampu meng-gol-kan rencana atau ide yang ia miliki.

Tertarik dengan cara beliau berkomunikasi, suatu ketika Saya memberanikan diri untuk datang ke ruangannya. Saya masuk keruangan beliau dan Saya katakan “Ibu mohon maaf apabila Saya mengganggu pekerjaan Ibu, ada sebuah pertanyaan yang ingin Saya tanyakan yang cukup mengganggu dan menggelisahkan Saya”. Dia tersenyum dan berkata “Silahkan apa yang bisa Saya bantu ?” Saya pun melanjutkan kalimat Saya, “Ibu dalam bayangan Saya, seorang akuntan adalah seorang yang kaku, sosok yang pemalu dan jarang serta sulit berinteraksi dengan orang banyak, namun hal yang berbeda Saya lihat dari Ibu, Ibu bisa menjadi seorang komunikator yang handal dalam membawakan presentasi dan dalam berbicara dengan orang banyak. Apa yang harus Saya lakukan agar bisa seperti Ibu ?”

Dia tersenyum melihat Saya dan berkata “Belajarlah public speaking, baca buku-buku mengenai public speaking, dan ikut pelatihan. Ingat kemampuan public speaking akan meningkatkan karir Kamu”. Mendengar nasihat beliau, Saya memutuskan untuk belajar public speaking, ikut pelatihan dari guru-guru terbaik, baca banyak buku mengenai public speaking dan terus berlatih. Dan hari ini Saya bisa menulis buku best seller Public Speaking Mastery, memberikan pelatihan di perusahaan Nasional & Internasional, serta 8 Kementrian RI. Dan mungkin saja teman-teman mengalami masalah yang Saya alami 15 tahun lalu. Gugup, bingung dan takut untuk membawakan presentasi oleh karena itu pada kesempatan kali ini Saya akan bahas tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Ada 2P yang harus Anda lakukan !

Baca Juga : 4 Cara Menjadi S.T.A.R Dalam Presentasi

1. Pola Pikir :

Terapkanlah dalam pikiran Anda bahwa ketakutan tidak dapat dihilangkan, namun rasa takut dapat Anda kendalikan. Ketakutan adalah salah satu anugrah yang diberikan oleh tuhan kepada semua umat manusia untuk dapat lebih hati-hati dalam mengerjakan satu hal.

2. Pola Tindakan :

A. Penyesuaian Diri

Penyesuaian diri dapat dibagi menjadi 2 yaitu penyesuaian diri secara fisik dan secara mental :

a. Secara Fisik

Penyesuaian diri secara fisik artinya Anda harus datang lebih awal dalam pertemuan yang hendak Anda lakukan. Cobalah sesuaikan diri dengan kondisi atau tempat pertemuan dan cobalah untuk berbincang-bincang santai terlebih dahulu dengan Audiens Anda sebelum memulai presentasi dengan topik yang telah ditentukan.

b. Secara Mental

Penyesuaian diri secara mental artinya bayangkanlah hal-hal yang Anda harapkan terjadi, bukannya justru membayangkan hal-hal yang tidak Anda harapkan terjadi.

B. Perubahan Bahasa Tubuh

Seorang pembicara besar Dunia, pelatih sukses nomor 1 di Dunia bernama Anthony Robbins mengatakan bahwa “Our emotions is created by Our motion”, emosi Kita diciptakan oleh bahasa tubuh Kita artinya kalau Anda ingin mengubah ketakutan yang ada dalam pikiran Anda salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengubah bahasa tubuh Anda.

C. Pernafasan Perut

Pernafasan perut akan membuat diri Anda rileks, nyaman dan semakin nyaman Anda ketika berbicara dan akan membuat Anda semakin mudah untuk mengakses memori yang sudah ada latih sebelumnya.

Jalan-jalan ke kota garut

Jangan lupa beli terasi

Mari lawan rasa takut

Agar mahir berkomunikasi

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan

Penulis buku best seller public speaking mastery versi gramedia pustaka utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x