Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Manfaat Talent Mapping Untuk Memaksimalkan Performa Karyawan

“Everyone has talent. What’s rare is the courage to follow it to the dark places where it leads.” ― Erica Jong.


Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Memaksimalkan Performa Karyawan

Talent mapping adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui bakat apa yang tersembunyi dalam diri seseorang. Tes ini bisa dilakukan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa untuk melihat bakat dan minat apa yang Mereka miliki sejak kecil.

Aptitude mapping test yang dilakukan pada orang dewasa dilakukan untuk mengetahui bidang pekerjaan apa yang paling sesuai dengan potensinya. Pada akhirnya, perusahaan bisa menggunakan talent mapping test untuk melihat posisi atau bidang pekerjaan apa yang tepat bagi karyawannya. Lalu apa hubungannya antara talent mapping dengan performa kerja karyawan ?


Baca Juga : 5 Cara Memotivasi Karyawan dengan Reward

Berikut adalah 5 manfaat dari talent mapping untuk memaksimalkan performa karyawan :

1. Membantu Menemukan Bakat Terpendam Karyawan

Talent mapping dapat membantu seseorang menemukan bakat tersembunyi dalam dirinya, sehingga akan lebih mudah bagi Mereka untuk menentukan jurusan atau bidang pekerjaan apa yang tepat.

2. Membantu Mengembangkan Bakat Karyawan

Talent mapping juga dapat membantu mengembangkan bakat yang dominan pada diri seseorang. Saat mengetahui bakat apa yang paling menonjol dalam diri Mereka, akan lebih mudah bagi orang tersebut untuk menentukan cara mengembangkan bakatnya. Hasilnya, Mereka bisa lebih mudah meraih kesuksesan.

3. Membantu Mengenal Kepribadian Karyawan

Talent mapping akan membantu seseorang mengetahui siapa diri Mereka sebenarnya. Dengan mengetahui kepribadiannya, akan lebih mudah bagi Mereka untuk mengembangkan kepribadian yang baik. Sedangkan kepribadian yang kurang baik dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan adanya talent mapping, karyawan akan lebih mudah meningkatkan rasa percaya diri karena Mereka sudah mengetahui potensi apa yang Mereka miliki. ketika Mereka melakukan sesuatu sesuai dengan bakatnya, maka Mereka akan merasa lebih percaya diri untuk dapat melakukannya dengan baik.

5 Mengatasi Kelemahan Yang Ada Dalam Diri

Setiap orang pasti memiliki kelemahan dalam dirinya dan tak seharusnya kelemahan menjadi kekurangan karyawan. Kelemahan yang Mereka miliki dapat diatasi dengan menonjolkan kelebihan Mereka. Dengan aptitude mapping test, Mereka dapat mengetahui seberapa besar potensi diri sehingga dapat dikembangkan untuk menutupi kekurangan Mereka. Ketika karyawan mampu mengatasi kelemahannya sendiri, maka Mereka akan lebih fokus pada kelebihannya dan terhindar dari perasaan minder.

Dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menjalani talent mapping, perusahaan akan lebih mudah mengetahui posisi atau bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan potensi karyawan tersebut. Mari manfaatkan Talent Mapping untuk memaksimalkan performa kerja karyawan Anda.

Ingin membaca artikel menarik lainnya?

Bisa kunjungi web kami di www.publicspeakingacademy.co.id 

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan 

Penulis Buku Best Seller 

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x