Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Tips Membangun Kepercayaan Dalam Presentasi Penjualan

“Setiap jenis kerja sama didasarkan pada rasa saling percaya.” -Albert Einstein.


Pembicara | Motivator | Public Speaking Indonesia | Membangun Kepercayaan Dalam Presentasi Penjualan

Membangun kepercayaan selama presentasi penjualan sangat penting untuk meyakinkan audiens agar membeli produk, layanan, atau ide Anda. Namun untuk membangun kepercayaan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Dan inilah 5 tips membangun kepercayaan dalam presentasi penjualan !

Baca Juga : 4 Kendala Dalam Presentasi Penjualan

1. Kenali Audiens Anda

Pahami titik kesulitan, emosi, dan aspirasi Mereka. Gunakan bahasa tubuh, kontak mata, dan nada suara yang positif untuk menunjukkan empati dan hubungan baik (LinkedIn, 2023). Sebelum presentasi cobalah untuk menggali lebih dalam terkait latar belakang audiens Anda dan pahamilah kebutuhan yang Mereka miliki.

2. Bersiaplah Dan Profesional

Latihan adalah kunci utama dari poin ini. Latih presentasi Anda, periksa peralatan Anda, dan berpakaianlah dengan pantas atau tidak berlebihan. Gunakan bahasa, visual, dan transisi yang jelas dan ringkas untuk menyampaikan pesan Anda. Tunjukkan rasa percaya diri dan keahlian Anda (LinkedIn, 2023).

3. Membangun Kredibilitas

Bangunlah kepribadian dan karakter yang menyenangkan, serta bangunlah kepercayaan dan kredibilitas Anda dihadapan audiens Anda. Tersenyumlah walaupun dipaksakan, tampillah dengan penuh percaya diri, dan gunakan gaya percakapan untuk melibatkan audines (Jonathan Kennard dalam how to build trust with an audience when making a presentation, 2017).

4. Memberikan Benefits Bukan Hanya Fitur

Kebanyakan sales hanya menginformasikan mengenai fitur yang akan didapatkan apabila customer membeli produk yang ditawarkan, namun Mereka lupa untuk menyampaikan benefit apa yang akan didapatkan oleh customer apabila ia membeli produk yang Kita tawarkan.

Contoh fitur :

Dengan mendaftar seminar trainerpreneur maka Anda akan mendapatkan bonus paket 24 video e-learning public speaking senilai Rp 500.000

Contoh benefit :

Dengan mendaftar seminar trainerpreneur maka Anda akan mendapatkan bonus paket 24 video e-learning public speaking senilai Rp 500.000 sehingga akan membantu Anda untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan menarik.

5. Miliki Ajakan Bertindak Yang Jelas Dan Menarik

Beri tahu audiens apa yang Anda ingin Mereka lakukan selanjutnya, bagaimana caranya, dan mengapa Mereka harus melakukan instruksi Anda, serta berikanlah limid waktu atau batas tertentu agar Mereka lebih bergairah untuk melakukan tindakan(LinkedIn, 2023). Contoh : Hanya untuk 5 orang pendaftar pertama Kami berikan harga super special yaitu hanya dengan Rp 15.000.000, silakan bangkit berdiri dan daftarkan diri Anda sekarang juga ke meja pendaftaran !!

Ingatlah bahwa kepercayaan adalah sebuah proses dan perlu waktu untuk membangunnya. Dengan mengikuti tips diatas, Anda dapat menjalin hubungan dengan audiens Anda dan membujuk Mereka untuk berbisnis dengan Anda. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x