Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jun 10, 2018 in Articles | 0 comments

Membuat Target Pembelajar Dalam Public Speaking dari seorang Motivator

Membuat Target Pembelajar Dalam Public Speaking dari seorang Motivator

Pembicara Sales | Christie Sterns seorang Motivator dalam bukunya 425 seriously fun ways to enhance learning … and make it stick ! memberikan sebuat insight yang menarik mengenai teknik menyusun sebuah target belajar dalam sebuat seminar atau pelatihan dengan teknik SMART.

S – Specific

Definisikan target belajar anda dengan jelas sehingga tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda yang akan membawa kepada harapan yang berbeda antara anda sebagai trainer dengan audiens yang hadir di training anda.

Contoh :

Tidak Spesific

Program ini mengajarkan bagaimana anda akan menjadi pembicara yang menyenangkan

Spesifik

Diakhir workshop ini anda akan belajar 9 cara membuka sebuah presentasi yang menarik perhatian audiens anda, 3 cara menyusun sebuah presentasi yang  mudah di mengerti  dan 5 cara untuk menutup presentasi anda dengan berkesan

M – Measurable

Milikilah ukuran yang jelas mengenai target yang didapatkan oleh audiens anda sehingga anda dapat mengetahui apakan audiens anda paham dengan materi yang anda sampaikan atau tidak.

Contoh :

Sesi 1. Audiens harus dapat membuat 3 contoh pembukaan yang menarik perhatian dalam Public Speaking

Sesi 2. Audiens mulai dapat menyusun isi presentasi dengan menggunakan konsep segitiga dan problem solution

A – Achievable

Pastikanlah bahwa semua audiens anda harus dapat mencapai target belajar yang anda telah susun. Oleh karena audiens anda datang dari beragam latarbelakang jika anda membawakan public seminar, jadi semestinya buatlah target yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau oleh audiens anda.

R – Relevant

Materi yang anda ajarkan, contoh-contoh yang anda sampaikan alangkah baiknya memiliki relefansi dengan pekerjaan yang sementara mereka tekuni atau memiliki relefansi dengan goal mereka saat datang keseminar anda.

T  – Time Bound

Buatlah batasan waktu pencapaian target belajar yang telah anda canangkan diawal. Misalnya : berikan waktu 10 menit kepada audiens anda untuk mengerjakan salah satu teknik pembukaan yang berkesan. Atau anda dapat memberikan waktu 15 menit untuk menyusun sebuah isi presentasi yang sederhana, menggunakan konsep segitiga.

Dan semakin anda mempelajari ilmu public speaking akan semakin anda penasaran untuk terus mendalaminya, sebagai ilmu yang harus dimiliki oleh seorang Motivator, hub 082324880909

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *