Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Membuka dan Menutup Presentasi yang Berkesan

The secret of getting ahead is getting started.” – Mark Twain

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Membuka dan Menutup Presentasi yang Berkesan

Sebagai seorang public speaker, presentasi yang berkesan adalah tujuan Anda untuk dinilai oleh audiens Anda. Menarik perhatian audiens sejak awal presentasi sangat penting untuk membuat mereka peduli dengan apa yang Anda bicarakan. Selaras dengan ungkapan Darlene Price seorang president of Well Said Inc and author of “Well Said! Presentation and Conversation That Get Results” ketika Anda berbicara hanya memiliki waktu sekitar 60 detik untuk menarik perhatian audiens, membangun kredibilitas Anda, membiasakan audiens dengan topik Anda dan memotivasi audiens untuk mendengarkan Anda. Selain itu, terdapat ungkapan dari Price kepada Business Insider bahwa Anda harus menempatkan karya seni di awal – bagian terpenting dari pekerjaan.

Pada saat yang sama, akhir presentasi juga harus Anda cermati sebagai seorang public speaker. Akhir presentasi adalah kesempatan terbaik untuk meninggalkan kesan mendalam pada audiens Anda. Menurut Janice Tomich seorang communication lead di TEDxKids, jika Anda menyusun presentasi dengan cermat di bagian akhir, Anda akan mempengaruhi audiens agar terinspirasi melakukan apa yang telah Anda rencanakan dengan informasi yang Anda bagikan. Sehingga Anda harus memperhatikan cara Anda untuk membuka dan menutup presentasi yang berkesan. Lalu, bagaimana cara membuka dan menutup presentasi yang berkesan ?

Berikut cara membuka dan menutup presentasi yang berkesan menurut Samantha Pratt Lile seorang journalist and content manager :

Baca juga : Tips Membuat Presentasi yang Menarik

1. Mulailah dengan ucapan “Terima kasih”
Anda dapat menyambut audiens Anda dengan ucapan terima kasih karena telah menghadiri presentasi Anda, karena telah memberi kesempatan untuk berbicara atau menyampaikan pendapat. Hal ini dapat memberikan kesan pertama yang positif, membangun rasa hormat, dan kepercayaan dengan audiens Anda. 

2. Berikan pernyataan yang tegas untuk memikat audiens
Pernyataan yang penuh percaya diri menandakan kepercayaan diri dan meningkatkan minat audiens. Namun, pernyataan yang Anda ungkapkan harus memiliki kesinambungan dengan presentasi Anda.

3. Transisi antar poin presentasi
Sangat mudah audiens kehilangan fokus sehingga Anda dapat menggunakan transisi yang dapat mengembalikan fokus audiens. Transisi strategis akan membantu audiens berpindah dari satu ide ke ide berikutnya. Anda dapat mengajukan pertanyaan terbuka untuk mendorong audiens merenungkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

4. Cerita kisah pribadi
Menceritakan kisah pribadi singkat di awal presentasi adalah cara efektif untuk terhubung dengan audiens. Apabila Anda tidak memiliki pengalaman pribadi dengan topik yang akan Anda bahas, Anda dapat menggantinya dengan cerita sejarah ataupun fabel.

5. Menunjukkan manfaat
Anda dapat menggunakan rasa optimis untuk memberikan gambaran yang jelas tentang manfaat masa depan dengan kata-kata deskriptif dan emosional. Audiens yang membayangkan hasil positifnya, mereka akan mulai percaya pada kemungkinan tersebut.

6. Rangkum hal penting
Setelah Anda mempresentasikan konten utama, Anda dapat merangkum poin-poin penting sebelum beralih ke konten yang lain. Anda dapat menggunakan bahasa yang sederhana dan lugas. Anda dapat membagikan hal penting menjadi tiga hal, namun terdapat kalimat untuk melengkapi pesan Anda yang memiliki kesinambungan dengan bagian pembuka.

7. Akhiri dengan bertanya
Presentasi yang efektif akan menampilkan ajakan bertindak di bagian akhir. Semakin jelas dan spesifik ajakan bertindak, semakin banyak orang yang akan menerima saran.

8. Akhiri dengan penentu
Selain mengakhiri presentasi dengan ajaka bertindak, Anda dapat mengakhiri dengan sebuah penentu. Anda dapat menggunakan cerita terakhir, statistik menarik, atau kutipan inspiratif yang berfungsi sebagai pelengkap presentasi. Gunakan kesempatan ini dengan humor atau inspirasi.


Cobalah memperhatikan delapan hal di atas, sehingga Anda dapat membuka dan menutup presentasi yang berkesan. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x