Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

6 Teknik Inovatif Untuk Menarik Kandidat Karyawan Berbakat

“A recent survey showed that companies in the US are boosting their hiring efforts in order to fill full-time as well as temporary job positions. However, nearly half of the recruiters feel that they are not likely to fill many of their vacant positions because of a shortage of qualified candidates.” – Kane Partners LLC


Pembicara | Public Speaking | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Membangun tim yang berkualitas sangat penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang dalam perusahaan mana pun. Namun, dalam pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif, menemukan talenta yang tepat untuk mengisi kekosongan dalam tim Anda bukanlah hal yang mudah.

Daripada hanya memposting lowongan kerja di situs web perusahaan Anda saja, sekaranglah waktunya untuk menerapkan cara yang lebih inovatif untuk menarik kandidat-kandidat yang berbakat. Bagaimana caranya?


Baca Juga : 5 Cara Memotivasi Karyawan dengan Reward

1. Tawarkan Dan Promosikan Fleksibilitas Tempat Kerja

Ketika pandemi global melanda pada tahun 2020, banyak perusahaan yang beralih ke sistem WFH (Work from Home). Dan seiring berjalannya waktu, budaya kerja yang fleksibel ini banyak diminati para talenta-talenta muda.

SDM saat ini sangat sadar tentang pentingnya keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, sehingga banyak dari Mereka yang tidak ingin kembali ke cara kerja lama. Sebaliknya, Mereka berharap perusahaan percaya pada Mereka untuk berkontribusi dari mana pun atau kapan pun.

2. Tampilkan Penghargaan Dan Kisah Sukses Karyawan Anda

Selain menginginkan fleksibilitas, profesional berbakat ingin bekerja untuk perusahaan yang menghargai karyawannya. Karena faktanya, penelitian dari Glassdoor menunjukkan bahwa 86% pekerja dan pencari kerja yang disurvei cenderung meneliti ulasan dan peringkat perusahaan saat memutuskan tempat melamar.

Buat calon kandidat bersemangat untuk bergabung dengan tim Anda dengan membagikan alasan mengapa perusahaan Anda adalah tempat terbaik untuk bekerja. Atau, jika perusahaan Anda telah memenangkan penghargaan, umumkan secara resmi di web, media sosial, LinkedIn, blog dan berbagai saluran komunikasi perusahaan.

3. Buat Social Media Campaign Yang Kreatif

Survei Content Stadium terhadap 250 anggota tim perekrutan menemukan bahwa 96% responden menggunakan media sosial untuk merekrut karyawan, dengan tujuan utama untuk meningkatkan jumlah lamaran.

Karena generasi muda sangat aktif menggunakan media sosial, sehingga membuat campaign yang kreatif dapat membantu perusahaan Anda lebih menonjol dari perusahaan lain yang ingin menarik talenta terbaik. Bisa dengan video yang mencakup berbagai macam topik, seperti kegiatan sehari-hari karyawan di perusahaan Anda, testimoni karyawan, dan acara kantor yang melibatkan seluruh anggota.

4. Gunakan Aplikasi Dengan QR Code

Menurut data dari Appcast, 67% lamaran kerja dilakukan melalui perangkat seluler. Mungkin Anda bisa mencoba memasang iklan fisik lowongan kerja dengan menambahkan kode QR yang langsung terhubung ke halaman aplikasi.

Kode QR juga mudah dilacak, membantu tim HR mendeteksi iklan mana yang paling efektif. Yang perlu diingat, buatlah aplikasi yang singkat dan ringkas, sehingga calon kandidat tidak perlu mengisi terlalu banyak pertanyaan.

5. Bermitra Dengan Ahli Perekrutan Profesional

Di pasar tenaga kerja yang kompetitif saat ini, menggunakan metode rekrutmen yang inovatif dapat membantu perusahaan Anda menarik talenta terbaik secara lebih efektif. Memilih dan menerapkan solusi perekrutan yang kreatif dapat memakan waktu dan membutuhkan beberapa eksperimen untuk mencari tahu metode mana yang paling berhasil. Daripada mengelola prosesnya sendiri, pertimbangkan untuk bermitra dengan spesialis perekrutan yang profesional.

Inilah 6 teknik inovatif untuk menarik kandidat karyawan terbaik. Mari terapkan 6 teknik diatas sehingga perusahaan Anda dapat memiliki karyawan yang kompeten dan tujuan perusahaan pun dapat segera tercapai.

Ingin membaca artikel menarik lainnya seputar manajemen?

Bisa kunjungi website kami di www.publicspeakingacademy.co.id 

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan 

Penulis Buku Best Seller 

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Source:

https://www.upwork.com/resources/innovative-talent-solutions
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x