Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Menciptakan Pengalaman Kepribadian Terhadap Merek ? Ini Caranya !

“A brand for a company is like a reputation for a person. You earn reputation by trying to do hard things well.” – Jeff Bezos

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Menciptakan Pengalaman Kepribadian Terhadap Merek ? Ini Caranya !

Kepribadian merek yang kuat sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin menonjol pada suatu pasar. Menurut Gaurav Mishra seorang talent acquisition professional expert and HR strategies expert, kepribadian merek membantu hubungan emosional dengan konsumen sebagai target Anda, sehingga memudahkan mereka untuk berhubungan dan mengingat merek Anda. Pendapat ini didukung juga oleh Nine Blaess seorang brand consultant bahwa sama seperti manusia yang membangun hubungan dengan orang lain, merek Anda memiliki kekuatan untuk menciptakan hubungan yang langgeng antara Anda dengan konsumen Anda. Kepribadian merek merupakan identitas penting perusahaan Anda.

Kepribadian merek memiliki dampak pada konsumen saat berinteraksi dengan perusahaan Anda. Interaksi yang terjadi baik itu interaksi baik ataupun interaksi buruk memiliki dampak tersendiri terhadap konsumen melihat perusahaan Anda seperti apa. Hal ini tentunya dapat dikaitkan dengan pengalaman konsumen yang dimiliki terhadap merek Anda. Lalu, bagaimana cara menciptakan pengalaman kepribadian terhadap merek Anda?

Berikut merupakan cara menciptakan pengalaman kepribadian terhadap merek menurut Shep Hyken seorang pakar layanan pelanggan dan penulis buku terlaris New York Times:

Baca juga: Bagaimana leader yang baik berkomunikasi(?)

1. Kepribadian perusahaan
Setiap perusahaan memiliki kepribadian yang berbeda-beda sama halnya dengan manusia. Anda dapat memulai untuk mengeksplorasi kepribadian perusahaan Anda melalui dua pertanyaan. Apa kata-kata (sifat) yang digunakan konsumen untuk mendeskripsikan perusahaan Anda? Bagaimana Anda ingin konsumen mendeskripsikan Anda?

2. Komunikasi kepribadian perusahan
Setelah Anda sudah menentukan dan mengetahui kepribadian perusahaan Anda, jangan dirahasiakan. Anda dapat melakukan sharing dengan karyawan Anda terkait kepribadian perusahaan Anda. Hal ini berfungsi agar melalui karyawan Anda, kepribadian perusahaan dapat terwujudkan sehingga terciptanya persepsi yang Anda inginkan dari konsumen terhadap perusahaan Anda.

3. Kepribadian top-down
Anda harus menjadi contoh untuk karyawan Anda apabila ingin karyawan berada di garis depan untuk mewujudkan kepribadian perusahaan. Anda harus mempraktikkan perilaku yang dapat dipraktikkan oleh karyawan. Kepribadian yang lahir dari atas akan menyebar ke seluruhnya dan dirasakan oleh konsumen.

4. Mengelola setiap kegiatan
Setiap interaksi konsumen dengan perusahaan dapat dijadikan peluang untuk membentuk suatu kesan disampaikan oleh Jan Carlson dalam Moments of Truth. Interaksi yang dilakukan mencakup iklan, website, orang ke orang, dan lainnya. Anda dapat mencari cara untuk menanamkan kepribadian ke dalam semua interaksi.

5. Kritik dan saran
Cara yang benar dan akurat untuk mengetahui bahwa Anda memberikan pengalaman kepribadian perusahaan Anda adalah tanyakan kepada konsumen Anda. Anda dapat bertanya secara langsung maupun tidak langsung, misal survei kepuasan pelanggan yang terkoneksi dengan pengisian formulir, melalui agent customer service Anda, dan lainnya.

6. Konsisten
Miliki pengalaman yang konsisten dan dapat diprediksi agar kepribadian pengalaman Anda menjadi kenyataan. Suatu pengalaman yang menarik tidak hanya pada saat itu saja dan digantikan dengan pengalaman yang menarik lainnya. Ketika konsumen menyukai pengalaman kepribadian yang mereka alami, mereka ingin merasakannya lagi di kemudian hari. Konsistensi itu penting.


Cobalah memperhatikan enam hal di atas, sehingga Anda dapat menciptakan pengalaman kepribadian terhadap merek dengan konsumen Anda dengan baik dan benar. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi
Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini: Cara Jitu Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Klien
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x