Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Teknik Mengatasi Lupa Materi Presentasi Public Speaking

“Sering lupa cenderung dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Namun, faktanya penyebabnya tidak melulu tentang penyakit tersebut, melainkan bisa juga akibat stres, depresi, hingga gangguan kognitif” –  dr. Rizal Fadli.


Motivator | Pembicara | Public Speaking Indonesia | Mengatasi Lupa Materi Presentasi


Pernahkah Anda mengalami lupa materi presentasi public speaking ? Lupa dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, stres saat akan presentasi, kurangnya persiapan dan beberapa penyebab lainnya. Lupa materi presentasi adalah salah satu hal fatal yang tidak boleh terjadi dalam public speaking. Oleh karena itu, lakukanlah 3 teknik berikut ini untuk mengatasi lupa materi presentasi !


Baca juga : 3 Tips Menjadi Active Listener
1. Jembatan Keledai
Untuk memudahkan Anda dalam menghafal isi dari materi yang akan Anda bawakan ada baiknya Anda membuat sebuah jembatan keledai. Seperti : Ada 3B dalam presentasi yaitu berani, beurutan, dan bahasa tubuh. Dengan membuat jembatan keledai ini juga, nantinya audiens Anda akan lebih mudah untuk mengingat inti dari apa yang sudah Anda jelaskan kepada mereka saat presentasi berlangsung.


2. Contekan Pada Slide Presentasi
Anda bisa menaruh atau membuat sedikit contekan terkait materi yang akan Anda sampaikan di pojok kanan bawah dari slide presentasi yang sudah Anda buat. Sehingga ketika Anda menatap slide presentasi tersebut Anda akan teringat apa yang seharusnya Anda sampaikan. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung atau cemas ketika tiba-tiba Anda lupa materi presentasi di depan audiens Anda.


3. Latihan Membawakan  Materi
Hal paling penting yang harus Anda lakukan pastinya adalah berlatih. Jika Anda sudah terbiasa membawakan materi tersebut, maka akan tercipta kelancaran berbicara saat Anda membawakannya di depan audiens Anda nanti. Dengan berlatih membawakan materi ini juga akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan tidak gugup saat sudah berhadapan dengan audiens di atas panggung nanti.


Jangan biarkan lupa membuat presentasi yang sudah Anda nantikan sejak lama menjadi sia-sia bergitu saja. Ayo lakukan ketiga tips di atas agar Anda bisa mengantisipasi lupa materi presentasi. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x