Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Cara Mengembangkan Keakraban Dengan Kemampuan Komunikasi

“Your ability to communicate is an important tool in your pursuit of your goals, whether it is with your family, your co-workers or your clients and customers.” – Les Brown.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Mengembangkan Keakraban Dengan Komunikasi | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Salah satu skill penting yang dibutuhkan karyawan untuk berhasil di tempat kerja adalah kemampuan berkomunikasi. Jika Anda melihat pemimpin dunia yang hebat, salah satu ciri yang Mereka miliki adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Dengan kemampuan komunikasi yang efektif maka akan terciptalah keakraban, kepercayaan dan akan menimbulkan keinginan orang untuk berbisnis atau berkerjasama dengan Anda. Lalu bagaimana cara mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi ?

Baca juga : Motivasi Diri Dan Keterampilan Yang Harus Dimiliki Untuk Sukses

Berikut adalah 5 cara yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi  :

1. Dengarkan.

Orang ingin tahu bahwa Mereka didengar. Dengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan orang lain, alih-alih membuat asumsi sendiri. Mintalah klarifikasi untuk menghindari kesalahpahaman. Anggap saja lawan bicara Anda saat itu akan menyampaikan hal yang sangat penting untuk Anda.

2. Mengenal Lawan Bicara.

Tidak masalah jika menggunakan singkatan atau bahasa informal saat berkomunikasi dengan teman.  Namun Anda harus memahami dengan siapa Anda berbicara, jika Anda menggunakan kata “Hi,” “FYI” atau bahasa informal lainnya saat berbicara dengan bos Anda maka hal tersebut adalah tindakan yang tidak tepat. Komunikator yang efektif menargetkan pesan Mereka berdasarkan pada siapa Mereka berbicara, jadi cobalah untuk mengingat dengan siapa Anda sementara tengah berbicara, ketika Anda mencoba untuk menyampaikan pesan Anda. Kemudian ketahuilah latar belakang dan nama dari lawan bicara Anda sehingga Anda dapat menggunakan contoh yang mudah dimengerti oleh lawan bicara Anda dan menyebutkan nama dari lawan bicara Anda sehingga akan tercipta keakraban yang semakin kental.

3. Bahasa Tubuh.

Bahasa tubuh yang elegen dan menarik dapat menunjang keberhasilan Anda dalam berkomunikasi. Hal tersebut sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Albert Mehrabian dari University of California, Los Angeles yang menjelaskan bahwa dalam komunikasi besarnya pengaruh dari masing-masing komponen adalah Bahasa tubuh 55%, intonasi suara 38% dan kata-kata 7%. Hindarilah untuk menyilangkan tangan saat sementara berbicara dengan lawan bicara Anda dan hindarilah untuk selalu pertahankan kontak mata pada satu audiens saja saat berbicara dihadapan public agar orang lain tahu bahwa Anda memperhatikan Mereka.

4. Pertahankan Sikap Positif Dan Tersenyumlah.

Sikap positif yang Kita pancarkan akan berpengaruh terhadap suasana yang tercipta, keantusiasan dan keceriaan Anda dalam berkomunikasi akan membuat suasana saat berkomunikasi menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Meskipun hanya berbicara via telepon, tersenyumlah karena sikap positif Anda akan terpancar dan orang lain akan mengetahuinya. Ketika Anda sering tersenyum dan memancarkan sikap positif, orang akan merespon Anda secara positif juga.

5. Perlakukan Semua Orang Dengan Sama.

Jangan merendahkan orang lain, apapun jabatan atau profesinya. Hormati Mereka dan perlakukan semua orang dengan setara, serta berpikirlah sebelum berbicara. Hindarilah penggunaan kata-kata yang dapat merendahkan orang lain.

Contoh yang keliru :

“Apakah Anda tahu Bali ?”

Contoh yang baik :

“Saya yakin mayoritas dari Kita mengetahui Bali”

Berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x