Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Rahasia Mengubah Takut Menjadi Berani Dalam Public Speaking

Bob Brown pernah berkata “If You Can Speak, you can Influence. If you can influence, you can change lives”


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Mengubah Takut Menjadi Berani | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Semua orang tentu saja menginginkan perubahan dalam kehidupannya kearah yang lebih baik, namun tidak semua orang memiliki keberanian untuk melakukannya. Sama halnya dengan public speaking, tidak semua orang memiliki keberanian untuk melakukan public speaking. Padahal banyak orang-orang habat yang berhasil mengubah kehidupannya dan hidup orang lain dengan public speaking, seperti : Warren Buffett, Winston Churchill, Ir. Soekarno dan masih banyak lagi tokoh-tokoh hebat lainnya. Takut salah, takut lupa, takut tidak bisa menjawab pertanyaan audiens adalah masalah utamanya. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Baca Juga : 4 Cara Melihat Kepribadian Dari Gaya Komunikasi

Berikut adalah 3 rahasia mengubah takut menjadi berani dalam public speaking :

1. Ketakutan Tidak Dapat Dihilangkan

Pahamilah bahwa ketakutan itu tetap ada karena Anda dan Saya tidak akan pernah mungkin menghilangkan rasa takut. Jadi tanamkan dalam diri Anda dan Saya bahwa Anda dan Saya tidak akan pernah menghilangkan rasa takut, yang ada adalah Kita mengendalikan ketakutan tersebut.

Perbedaan dasar antara pembicara yang profesional dan pembicara yang amatir adalah Mereka sama-sama memiliki ketakutan namun pembicara profesional punya ilmu, punya teknik dan punya strategi untuk mengendalikan rasa takut Mereka sehingga ketakutan tersebut tidak terlihat di hadapan audience. Jadi Anda tetap punya ketakutan namun Anda akan belajar cara mengendalikannya.

2. Kualitas Datang Dari Kuantitas

Materi yang teman-teman pelajari dan bawakan berulang -ulang secara terus menerus akan menciptakan kelancaran. Kelancaran berbicara menimbulkan dampak atau asumsi anda pintar, anda menguasai apa yang disampaikan. Namun yang perlu menjadi catatan adalah jangan khawatir dan jangan pernah malu jika Anda belum bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh audiens Anda, berterima kasihlah kepada audiens Anda yang bertanya. Sampaikan bahwa saat ini Anda belum mengetahui jawabannya dan berjanjilah untuk mencari jawabannya setelah acara tersebut selesai berlangsung, serta kirimkanlah jawabannya kepada sang penanya setelah Anda mengetahui jawabannya. Ingat anda bukanlah mesin pencari yang maha tahu segalanya, namun cobalah untuk mempelajari materi yang akan anda bawakan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat meminimalisir terjadinya hal ini.

3. Tidak Ada Yang Salah Dan Benar, Yang Ada Hanya Menarik Dan Tidak Menarik.

Tidak ada yang salah dan benar, yang ada hanya menarik dan tidak menarik dalam public speaking. Namun pahamilah bahwa presentasi yang tidak menarik sekalipun ketika diperbaiki terus-menerus akan menjadi menarik. Ingat, kata Tony Robbins dia mengatakan “Constan And  never ending improvement” jadi Constan lah Kita melakukan hal tersebut dan never ending improvement, improvement hanya terjadi kalau anda constan melakukan sesuatu.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x