Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4 Cara Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Interpersonal

“Agar hubungan apa pun berhasil, diperlukan komunikasi antarpribadi yang penuh kasih, hormat, dan pengertian.” -Miranda Kerr.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Interpersonal | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari kegiatan komunikasi di setiap harinya dan kalimat di atas menyadarkan Kita bahwa komunikasi interpersonal memegang peranan penting dalam membangun suatu hubungan. Dari kalimat di atas juga dapat diartikan bahwa untuk meningkatkan keberhasilan hubungan Kita dengan klien, hubungan Kita dengan atasan, pasti ada kaitannya dengan keefektifitasan Kita dalam komunikasi interpersonal, dan itu juga dapat berpengaruh secara langsung pada karir Anda. Kemudian muncul pertanyaan : bagaimana cara meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal ?

Baca Juga : “We Cannot Not Communicate”

Berikut adalah 4 cara meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal :

1. Jadilah pribadi yang transparan

Keterbukaan yang berlaku dalam komunikasi akan membantu Anda untuk memperoleh informasi yang komprehensif, sehingga komunikasi dapat lebih efektif. Sebaliknya : tanpa keterbukaan, komunikasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman.

2. Memiliki empati

Empati merupakan kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain atau mencoba merasakan hal yang sama dengan orang lain. Rasa empati ini akan membuat Kita mampu memahami orang lain yang menjadi lawan bicara Kita dan akan membantu komunikasi berjalan lebih efektif.

3. Bersikap suportif

Komunikasi interpersonal akan berjalan efektif ketika Anda memiliki perilaku yang mendukung dalam diri Anda. Artinya, Anda tidak bersikap defensif saat menghadapi suatu masalah.

4. Jadilah pribadi yang positif

Setidaknya selalu akan ada perbedaan dalam komunikasi interpersonal yang berkualitas dan Komunikasi interpersonal akan berhasil ketika Anda memiliki perhatian positif yang diberikan kepada lawan bicara Anda untuk mengatasi perbedaan yang ada.

Inilah 4 cara meningkatkan efektifitas komunikasi Interpersonal, mari tingkatkan kemampuan komunikasi interpersonal sehingga keberhasilan Anda dalam membangun hubungan akan semakin meningkat.

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran kontan

Penulis buku best seller public speaking versi gramedia pustaka utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x