Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Meningkatkan Kepribadian Dengan Komunikasi

Motivator | Pembicara | Public Speaking “To effectively communicate, we must realize that we are all different in the way we perceive the world and use this understanding as a guide to our communication with others.” – Anthony Robbins

Kepribadian mengacu pada karakteristik individu, gaya, perilaku, pola pikir, sikap, cara uniknya sendiri dalam memahami sesuatu dan melihat dunia. Faktor genetik, latar belakang keluarga dan budaya yang beragam, lingkungan, hingga situasi saat ini berperan penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Cara Anda berinteraksi dengan orang lain mencerminkan kepribadian Anda. Seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Keterampilan komunikasi berperan penting dalam mengasah kepribadian Anda. Komunikasi membantu Anda untuk mengekspresikan diri dengan cara yang paling meyakinkan. Pikiran, perasaan dan pengetahuan Anda harus disampaikan dengan cara yang tepat dan keterampilan komunikasi yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan Anda dalam menyampaikannya.

Baca juga : Tegas Dalam Kelas

Berikut beberapa tips yang bisa bermanfaat dalam berkomunikasi untuk menunjukkan kepribadian Anda yang baik :

1. Pemilihan kata yang tepat sangat penting

Anda harus tahu betul apa yang Anda bicarakan, karena Anda tidak pernah tahu kata-kata apa yang mungkin bisa menyakiti orang lain. Jangan pernah bersikap kasar kepada siapa pun, meskipun hanya lewat kata-kata. Jangan pernah pula terlalu banyak bermain kata, yang nantinya justru menjadi senjata makan tuan. Lebih baik mengutarakan pesan langsung ke intinya.

2. Bicaralah dengan meyakinkan sehingga orang lain mengerti apa yang ingin Anda komunikasikan

Gaya komunikasi sangat menggambarkan kepribadian Anda. Berbicaralah secara perlahan untuk membantu Anda menemukan kata-kata yang tepat dan juga mencerminkan perhatian. Tekankan kata-kata penting dan relevan agar orang lain menyadarinya.

3. Percaya diri saat berbicara memberi kesan pribadi yang mengesankan dan hebat

Jangan menunjukkan tanda-tanda gugup saat berinteraksi dengan orang lain. Lakukan kontak mata yang tepat dengan orang lain. Dan jangan melihat sekeliling saat berinteraksi dengan orang lain karena hal tersebut dapat membuat kawan bicara Anda merasa kurang nyaman.

Tidak semua orang diberkati dengan keterampilan komunikasi yang baik, maka diperlukan mereka waktu yang tidak sedikit untuk berlatih. Seseorang yang mampu berkomunikasi secara efektif dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain, baik itu sesama rekan kerja, teman sebaya, keluarga dan sebagainya.

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x