Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Strategi Meningkatkan Penjualan

78% Pengusaha pemula gagal menjalankan usahanya pada tahun pertama – Head Of Marketing Accurate Online dan Solution UMKM Doni Rakawira.


Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Public Speaking | Meningkatkan Penjualan

Ada perusahaan yang kesulitan melakukan penjualan, ada perusahaan yang penjualannya tidak pernah mengalami peningkatan, namun disisi lain ada perusahaan penjualannya selalu mengalami peningkatan yang pesat. Pertanyaannya, apa yang membedakan ke-3 perusahaan tersebut ? Ternyata, strategi penjualan dan pelayanan yang diberikan oleh masing-masing perusahaanlah jawabannya.

Untuk membuat strategi penjualan yang tepat, dibutuhkan perencanaan yang baik pada setiap tahapan-tahapannya. Dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dibutuhkan karyawan yang kompeten atau Anda dapat melatih karyawan Anda untuk memenuhi kriteria tertentu. Inilah 5 Strategi yang dapat membantu Meningkatkan Penjualan !


Baca Juga : 4 Strategi Manajemen Bisnis Saat Hadapi Resesi

1. Kenali Produk dan Jasa

Standar yang paling dasar yang perlu Anda dan team Anda kuasai ketika ingin meningkatkan penjualan adalah memahami karakter dan manfaat dari produk atau jasa yang Anda jual. Sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan strategi bisnis yang hendak Anda gunakan karena masing-masing produk atau jasa yang dijual memiliki strategi penjualannya masing-masing. Contoh, stategi yang digunakan untuk menjual makanan tentu saja akan berbeda dengan strategi untuk menjual produk-produk kecantikan.

2. Tentukan Segmen Target

Setiap produk atau jasa masing-masing memiliki segmen targetnya masing-masing, hal ini berkaitan dengan kebutuhan Orang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, setelah mengetahui karakteristik dan manfaat dari produk atau jasa yang Anda jual maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui siapa yang akan menjadi segmen target Anda.

Segmen pasar yang memang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda jual akan jauh lebih mudah untuk menghasilkan penjualan, dibandingkan dengan segmen yang memang sejak awal tidak tertarik dengan produk atau jasa yang Anda jual. Mengapa ? karena untuk melakukan penjualan pada segmen tersebut Anda memerlukan biaya yang lebih besar. Contoh, akan jauh lebih mudah menjual produk makanan hewan kepada para pecinta hewan yang memelihara hewan, dibandingkan menjual produk makanan hewan kepada Orang yang tidak memiliki peliharaan hewan.

3. Temukan Cara Pemasaran Yang Tepat

Kata Tepat yang dimaksudkan dalam hal ini adalah cara promosi pada masing-masing media promosi yang digunakan tepat, isi konten promosi tepat dan model atau desain yang digunakan tepat. Contoh, jika diperhatikan iklan produk-produk kecantikan akan menggunakan model perempuan yang memiliki paras yang cantik. 

Cara promosi yang digunakan pada toko online (marketplace) dan toko offline memiliki cara dan strategi yang berbeda bahkan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya pun berbeda. Contoh, cara promosi di Facebook akan berbeda dengan cara promosi di Instagram. Promosi di Facebook lebih banyak menggunakan konten dalam bentuk tulisan, sedangkan promosi di Instagram lebih banyak menggunakan konten dalam bentuk gambar.

4. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu Anda untuk dapat memberikan informasi secara luwes terkait manfaat apa saja yang akan customer Anda dapatkan apabila Ia membeli produk atau jasa yang Anda jual. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh customer terkait penawaran atau penjelasan yang telah Anda jelaskan sebelumnya sehingga tingkat penjualan dapat terus meningkat.

5. Pertahankan Tingkat Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang puas adalah salah satu kunci yang dapat membantu bisnis Anda untuk tetap bertahan, semakin maju dan berkembang. Mengapa ? Karena pelanggan yang puas akan memperbesar peluang pelanggan tersebut akan kembali dan tidak akan beralih ke competitor lain. Untuk dapat menjaga tingkat kepuasan pelanggan Anda dapat meningkatkan kepedulian Anda terhadap pelanggan atau Anda juga bisa meminta feedback sehingga Anda dapat memiliki masukkan baru yang harapannya dapat meningkatkan tingkat penjualan.

Mari terapkan 5 strategi diatas agar tingkat penjualan Anda dapat terus meningkat.


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga Bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x