Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Mentor Sang Pemandu Sukses

“A mentor is someone who allows you to see the hope inside yourself ” – Oprah Winfrey.


Pembicara | Motivator | Motivator Indonesia | Mentor Sang Pemandu Sukses

Crawford (2010) mendefinisikan mentor sebagai  “Hubungan interpersonal dalam bentuk kepedulian dan dukungan antara seseorang yang berpengalaman dan berpengetahuan luas dengan seseorang yang kurang berpengalaman maupun yang pengetahuannya lebih sedikit”.  Ibaratnya, Anda mau melakukan sebuah perjalanan wisata ke satu tempat, maka akan sangat membantu jika Anda menggunakan pemandu wisata yang mengetahui detail seluk beluk daerah tersebut. Selain optimal dalam menggunakan waktu perjalanan, menurunkan biaya, Anda juga akan mendapatkan lokasi wisata terbaik.


Baca Juga : 3 Manfaat Pelatihan Dalam Pencapaian Visi Perusahaan

Berikut Ini Adalah Dampak Dari Adanya Mentor Dari Kehidupan Anda :

1. Pengalaman

Tanpa perlu mengalami langsung pengalaman kegagalan yang tentunya besar “biaya” Anda dapat menarik pelajaran dari kegagalan mentor Anda. Tiga tahun yang lalu, Juanda salah satu peserta seminar Saya bertanya mengenai harga yang pantas dia berikan kepada sebuah perusahan yang akan menggunakan jasanya sebagai konsultan. Saya pun, memberikan angka berdasarkan pengalaman dan pengamatan Saya mengenai kebutuhan dan kemampuan perusahan tersebut. Angka yang Saya berikan tiga kali diatas angka yang peserta Saya bayangkan di awal. Hasilnya, kontrak tersebut terwujud. Juanda, bersyukur karena saran Saya menyebabkan kenaikan keuntungan hingga 300%.

2. Pengetahuan

Pengetahuan “tersembunyi” berupa tips praktis atau  tacit knowledge yang mentor temukan dalam proses perjalanannya akan dapat Anda serap karena di bagikan oleh mentor tersebut.  Menurut Ikujiro Nonaka dan Hirotaka Takeuchi dalam bukunya, The Knowledge-Creating Company, Tacit knowledge adalah pengetahuan yang terdapat di dalam otak atau pikiran seseorang, sesuai dengan pemahaman dan pengalaman orang itu sendiri. Contohnya, seorang pengemudi yang telah mengendari mobil selama bertahun-tahun pastilah tahu jalur-jalur alternatif untuk mempercepat tiba di tujuan.

3. Pembimbingan

Selain pengalaman dan pengetahuan, proses mentoring juga akan memberikan kesempatan tanya jawab sehingga Anda akan mendapakan jawaban dari orang yang kompeten atas tantangan yang sementara Anda alami.

Siapa mentor Anda ? Jika belum ada, cobalah untuk menemukannya !

Ingin membaca artikel menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x