Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Mitos Takut Public Speaking

Motivator | Pembicara | Public Speaking YouGov, salah satu lembaga penelitian terbesar di dunia pernah melakukan sebuah survei terhadap masyarakat Inggris terkait dengan ketakutan. Dan dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa satu dari tiga ketakutan utama masyarakat adalah berbicara di depan umum.

Faktor utama yang menyebabkan ketakutan bagi setiap orang saat berbicara di depan umum adalah persepsi atau mitos yang kerap kali keliru dan terlanjur dipercayai oleh banyak orang. Sehingga masyarakat berpikir bahwa berbicara di depan umum adalah sebuah hal yang menakutkan untuk dicoba.

Baca juga : Cara Atasi Bad Mood Saat Presentasi

Berikut ini tiga persepsi keliru mengenai public speaking :

1. Salah berbicara adalah hal yang memalukan

Kekhawatiran seseorang akan salah mengatakan kalimat atau salah berbicara akan menghambatnya untuk maju dan membawakan presentasi sebagaimana seharusnya seperti yang sudah dipersiapkan. Pahamilah bahwa dalam public speaking tidak ada salah dan benar. Selama Anda tidak hoax dan SARA maka public speaking Anda sah-sah saja.

2. Tidak menjawab pertanyaan audiens sama dengan bodoh

Tidak semua dari pertanyaan yang dilayangkan oleh audiens harus Anda jawab. Jika Anda tidak memiliki jawaban dari pertanyaan tersebut maka Anda bisa mengatakan padanya bahwa Anda tidak punya jawaban untuk pertanyaan yang ditanyakan atau belum memiliki jawaban yang pasti atas pertanyaannya.

3. Takut lupa materi

Lupa adalah salah satu kodrat manusia yang tidak mungkin Anda tinggalkan. Lupa merupakan sebuah hal normal sehingga sangat wajar apabila Anda terkadang tidak mengingat satu atau dua poin yang seharusnya menjadi materi Anda. Anda hanya tinggal mengatakan bahwa materi tersebut Anda lupa dan materi dilanjutkan terlebih dahulu kepada poin selanjutnya.

Ayo yakini diri Anda bahwa ketiga hal tersebut bukanlah sebuah celah untuk menggagalkan presentasi yang sudah Anda siapkan dan rencanakan. Semua hal tersebut adalah hal normal yang terjadi pada setiap manusia, termasuk Anda.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x