Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivator Abal – Abal

“Guru biasa-biasa saja hanya bisa menceritakan. Guru yang baik mampu menjelaskan. Guru yang unggul mampu menunjukkan. Sementara guru yang hebat bisa memberikan inspirasi” – William Arthur Ward.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia | Motivator Abal-Abal

Salah satu guru yang dapat memberikan Anda inspirasi adalah seorang Motivator, namun sungguh miris profesi ini, orang mengindentikan profesi Motivator dengan orang yang omdo tanpa bukti nyata. Sementara di lain sisi, orang yang merasa pintar ngomong berasumsi dia dapat menjadi seorang Motivator. Kacaunya hal ini tanpa fakta yang kuat untuk meluruskan. Tidaklah salah dengan asumsi ini, karena banyak Motivator abal-abal hadir saat ini. Motivator yang modal satu pengalaman dan mengeneralisasi bahwa pengalaman tersebut dapat di lakukan oleh semua orang. Motivator yang hanya pintar bicara tanpa kerja.

Di kelas Trainerpreneur (Rahasia menghasilkan Rp 1 miliyar dari bisnis training) Saya selalu tekankan bahwa Anda harus menemukan self mastery atau produk yang akan Anda jual, topik yang Anda bawakan saat menjadi motivator. Self Mastery akan datang dari 2 P ini :

Baca Juga : Membangun Asa Menjadi Profesional Trainer

1. Pengetahuan

A. Formal

Berasal dari latar belakang pendidikan formal Anda. Jika ada kesempatan untuk kuliah hingga program doctor lakukanlah.

B. Informal

Belajarlah cara – cara yang “street smart” yang segara dapat di praktekan. caranya dengan mengikuti seminar-seminar dari guru-guru kelas dunia di luar negeri, lalu Anda dapat mengajarkan kembali hal tersebut dengan diawali praktek tentunya.

2. Pengalaman

Modal terpenting seorang Motivator adalah pengalaman yang ia miliki. Saya selalu mengajak dan mendorong para pemimpin perusahan yang akan memasuki masa pension untuk berbagi ilmu yang Mereka peroleh dari pengalaman kerja puluhan tahun.

Hal yang sama berlaku untuk perusahan yang akan mengundang Motivator untuk mengisi seminar di perusahan tersebut. Lakukanlah analisa kompetensi dari dua hal tersebut di atas. Apakah sang pembicara memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam topic yang ia akan bawakan.

Dan bagi Anda yang ingin menjadi Motivator kembangkanlah diri Anda sehingga Anda tidak menjadi Motivator yang abal-abal.

Ingin membaca artikel menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x