Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 11, 2017 in Articles | 0 comments

Motivator|Public Speaking Mastery

Motivator|Public Speaking Mastery

Dalam suatu trainingnya, Motivator Ongky Hojanto, menjelaskan kepada audience bahwa jika Anda sudah memahami public speaking sebagai suatu seni, Anda sebenarnya bisa memiliki kemampuan serupa dengan Martin Luther King Jr. Walaupun Anda tidak berada pada jamannya, dan Anda tidak memiliki audiencenya. Tapi ¬†bukan alasan Anda tidak bisa sebagus beliau dalam public speaking, atau bahkan lebih baik dari Beliau. Motivator Ongky Hojanto menegaskan bahwa, dengan memahami seninya dan dengan latihan yang sungguh-sungguh, tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk menjadi pembicara atau public speaker yang handal. Mari kita gambarkan public speaking itu sebagai sebuah rumah, dan Menurut Motivator Ongky Hojanto, dalam “Rumah” public speaking ada 6 bagian, dan setiap bagian dari rumah ini adalah suatu model yang akan membantu Anda menjadi seorang public speaker. Saya Motivator Ongky Hojanto, akan menuntun Anda dalam membangun “Rumah” public speaking Anda.

Rumah Public speaking memiliki 3 pilar yang berhubungan dengan materi public speaking, dan 3 dasar yang berhubungan dengan Anda sebagai pembicara. Saya Motivator Ongky Hojanto kali ini akan membahas tentang ketiga pillar dalam public speaking yang berhubungan dengan materi atau isi dari presentasi Anda.

  1. Empati. Banyak public speaker mendesain isi dari public speaking mereka berdasarkan apa yang ingin mereka sampaikan, bukannya apa yang ingin audience mereka dengar. Sekali lagi Motivator Ongky Hojanto tidak pernah mengatakan itu salah, tapi itu akan membedakakan antara public speaker yang biasa dan yang hebat. Pembicara yang hebat, mencari apa yang diinginkan oleh pendengarnya. Anda harus fokus kepada mereka dan melupakan ego Anda dalam prosesnya.
  2. Segar. Buatlah materi Anda itu berbeda,Anda harus melupakan penggunaan power point secara berlebihan, bahkan banyak kesempatan, Motivator Ongky Hojanto jarang sekali menggunakan power point, Beliau hanya menggunakannya untuk mempertegas materi dengan gambar-gambar yang menarik. Anda harus belajar untuk menciptakan suatu materi public speaking yang inovatif.
  3. Seimbang. Dalam otak manusia ada otak kiri dan otak kanan. Dalam public speaking, jika Anda ingin mendapatkan audience Anda, beri nutrisi kepada kedua otak tersebut. Dengan memberikan materi berupa data yang akurat, statistik yang mengagumkan, dan untuk otak kiri, cerita yang mendukung data Anda.

Selanjutnya Anda akan belajar tentang tiga dasar dalam public speaking.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *