Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 2, 2018 in Articles | 0 comments

Menyulap Audiens Ala Jokowi

Motivator | Training Karyawan | Ada yang unik, tidak biasa dan menarik dari Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Halaman Kediaman Gubernur Riau, Minggu (23/7/2017), tidak seperti penampilan presiden – presiden sebelumnya, Presiden Jokowi berhasil menarik fokus dan perhatian audiens yang kebanyakan adalah anak-anak dengan bermain sulap. Dan hal ini berhasil menciptakan “keriuhan” serta suasana ceria.

Pekerjaan menyusu Public Speaking pintar yang dilakukan oleh tim Jokowi yang membuat konsep acara tersebut berhasil dengan baik. Satu hal penting yang dapat dipelajari dari keberhasilan bermain dan berhasil “menyulap” antusiasme audiens adalah :

  1. Mengetahui detail audiens anda
  2. Memahami jelas pesan yang anda ingin sampaikan
  3. Memiliki cara tepat menyampaikan pesan anda kepada audiens

 Ada beberapa cara untuk membangun pengetahuan anda mengenai audiens anda :

  1. Suku

Cari tahulah latar belakang asal dari mayoritas audiens anda, sehingga anda dapat menyelipkan satu atau dua kalimat dengan menggunakan bahasa daerah mereka. Dan tentunya hal ini akan semakin mendekatkan anda dengan audiens anda.

  1. Agama

memiliki pengetahuan mengenai agama dari mayoritas audiens anda dapat membantu anda untuk membangun kearaban melalui menceritakan kembali kisah teladan dari nabi atau tokoh agama yang di anut mayoritas audiens yang hadir

  1. Pendidikan

Dengan mengetahui pendidikan dari audiens anda, maka anda akan lebih mudah memilih joke, cerita serta metode penyampaian yang akan anda lakukan kepada audiens anda, sehingga pesan tersampaikan dengan baik

  1. Usia

Terakhir adalah mengetahui usai dari audiens anda. Hal ini untuk membantu pemilikan contoh atau illustrasi yang akan anda sampaikan agar dapat ‘membumi’ atau di pahami dengan baik.

Setelah anda mengetahui SAPU audiens anda, maka langkah kedua adalah memilih pesan yang akan anda sampaikan kepada audiens anda. Jokowi dalam hari anak Nasional, tepat memilih media sulap sebagai ajang menyemapaikan pesannya karena berhubungan dengan tema besar hari anak Nasional 2017 yaitu : ” Saya anak Indonesai, saya gembira.”

Dan media sulap berhasil menghadirkan kegembiraan tersebut. Pesan tersampaikan dengan baik karena anda sebagai pembicara mengetahui jelas ketiga poin di atas.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *