Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Tips Menjaga Penampilan Dalam Presentasi Penjualan

Peran penampilan dalam presentasi penjualan sangatlah penting, karena memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan, membangun hubungan baik, dan membuat kesan mendalam pada calon klien (LinkedIn, 2023).


Pembicara | Motivator | Public Speaking Indonesia | Penampilan Dalam Presentasi Penjualan

Penampilan berfungsi sebagai indikator awal kepercayaan dan kompetensi Anda, dan ketika Anda menampilkan diri Anda dengan cara yang halus dan professional. Dengan menyelaraskan penampilan Anda dengan ekspektasi klien maka Anda dapat membangun landasan yang kuat untuk interaksi penjualan yang sukses. Dari penampilan yang Anda tampilkan pasti akan menimbulkan beberapa pertanyaan di benak klien, seperti : “Apakah Anda seorang yang cocok untuk menjadi “sahabat”?” atau “Apakah Anda dapat di percaya ?” dan atau “Apakah Anda dapat memberikan penawaran terbaik ?”. Oleh karena itu,  inilah 3 Tips Menjaga Penampilan Dalam Presentasi Penjualan !

Baca Juga : 5 Tips Membangun Kepercayaan Dalam Presentasi Penjualan

1. Perawatan Dan Dandanan

Penelitian yang dilakukan oleh L.L. Garber Jr., E.D. Honeycutt Jr. and M.J. Dotson dalam jurnalnya yang berjudul The use of personal appearance cues to infer sales rep character menunjukkan bahwa rambut di wajah, riasan wajah dan aspek penampilan pribadi lainnya dapat memengaruhi penilaian konsumen terhadap karakter Anda. Sehingga penting untuk Anda melakukan perawatan dan memastikan bahwa riasan wajah atau make up yang Anda kenakan tidak berlebihan.

2. Gaya Pakaian

Gaya pakaian dapat secara langsung mempengaruhi peluang keberhasilan Anda dalam penjualan, karena konsumen cenderung akan lebih menaruh kepercayaan kepada tenaga penjualan yang menampilkan diri secara professional sehingga tergambar sebagai pribadi yang dapat lebih dipercaya. Oleh karena itu, pastikan gaya pakaian yang Anda gunakan tepat (sesuai dengan profesi Anda) dan pastikan juga warna pakaian yang Anda gunakan bukan pakaian dengan warna-warna yang terlalu mencolok.

3. Aksesoris

Pastikan Anda tidak menggunakan aksesoris yang tidak ada kaitannya dengan topik yang sementara Anda bahas atau profesi Anda dan pastikan juga jumlah aksesoris yang Anda gunakan tidak berlebihan karena penggunaan aksesoris yang terlalu banyak atau berlebihan akan menimbulkan kesan terlalu heboh dan bisa saja ini akan menurunkan kredibilitas Anda dihadapan calon klien.

Penampilan memiliki peran penting dalam keberhasilan presentasi penjualan, dan memahami dampaknya dapat membantu meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam membangun kepercayaan, membangun hubungan baik, dan membuat kesan mendalam pada calon klien. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x