Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Penerapan Teknik Teatrikal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum

I was extremely shy and had a terrible fear of public speaking. But I had fallen in love with stand-up.” — Kumail Nanjiani

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Penerapan Teknik Teatrikal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus Anda miliki untuk mendapatkan perhatian dan minat peserta. Hal ini didasarkan karena suatu saat dalam hidup Anda, Anda akan diminta untuk berbicara di depan umum, baik mengenai presentasi bisnis, drama, ataupun pidato. Menurut Ruben Kesherim dalam Supportive Care ABA ditemukan bahwa sekitar 25% orang mengalami ketakutan tingkat sedang ketika berbicara di depan umum.

Seseorang yang tidak mahir dalam berbicara di depan umum, dapat melakukan pembelajaran teknik teatrikal untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Teknik teatrikal membantu Anda dalam penyampaian berbicara di depan umum dengan menggunakan gerakan dan gambar visual untuk menyempurnakan penampilan Anda. Lalu, bagaimana penerapan teknik teatrikal untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum?

Berikut adalah hal-hal yang dapat diperhatikan dalam teknik teatrikal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum menurut Genevieve Aichele seorang theatre artist and the founding executive director of New Hampshire Theatre Project:

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Atasi Tangan Gemetar Saat Public Speaking

1. Bagian Atas dan Bawah Panggung
Perhatikan posisi Anda adalah hal yang sangat penting. Pada saat anda berada di area bawah panggung merupakan daerah yang paling dekat dengan audiens sehingga merupakan tempat terbaik untuk menyajikan pembukaan, penutupan, dan isi pidato Anda. Bagian atas panggung merupakan daerah yang jauh dari penonton dapat digunakan untuk jeda seketika atau momen saat melakukan humor. Ketika Anda bergerak dari atas panggung ke bawah panggung sebagai dimana tempat anda dalam menyampaikan suatu poin penting merupakan hal yang sangat disarankan.

2. Panggung Kanan dan Panggung Kiri
Anda harus memahami bahwa setiap gerakan Anda memiliki arti pada saat berbicara di depan umum. Posisi pada saat Anda berada pada kanan bawah panggung dianggap memiliki keintiman dan kepentingan. Anda sebagai pembicara dapat menggunakan posisi ini pada saat penyampaian suatu topik yang paling penting atau untuk cerita yang memiliki efek emosional yang kuat. Posisi pada saat Anda berada pada kiri bawah panggung dianggap sebagai tempat untuk berdiskusi dan mengganti suatu hal yang ringan. Anda sebagai pembicara dapat menggunakan posisi ini pada saat menyampaikan humor.

3. Berpikirlah Seperti Seorang Aktor
Seorang gerakan aktor dilakukan untuk menekankan, menarik perhatian, dan/atau menawarkan suatu hal pada naskah atau konten. Aktor tidak pernah berjalan tanpa arah dan tujuan dalam suatu panggung. Oleh karena itu, Anda sebagai pembicara harus memperhatikan bahwa setiap gerakan Anda harus dilakukan dengan tujuan dan pada titik tertentu dalam presentasi Anda. Gerakan seperti mondar-mandir atau memindahkan barang yang tidak perlu secara tidak sadar akan menarik perhatian dan melemahkan ucapan anda.

4. Berpikirlah Seperti Seorang Sutradara
Anda harus memahami dan mengetahui di mana Anda berada dalam hubungan dengan hal lain. Sebagai pembicara, Anda dapat memikirkan gambaran yang dilihat dari sudut pandang penonton agar dapat menjaga tetap seimbang dan menarik secara visual. Perhatikan setiap penempatan furnitur, misal papan, meja, proyektor dan lainnya dalam kaitannya dengan Anda dan posisi Anda dalam pandangan penonton. Jangan biarkan diri Anda terlihat membatasi diri dengan penonton karena adanya furnitur ataupun mengalihkan perhatian penonton dari Anda.


Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda dapat mempraktekkan teknik teatrikal pada saat berbicara di depan umum dengan baik dan benar. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909


Klik disini: 3 Cara Mengatasi Demam Panggung
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x