Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Pengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Quality in a service or product is not what you put into in. It is what the customer gets out of it.” – Peter Drucker

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Pengaruhi Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Proses pengambilan keputusan konsumen adalah hal yang mendasar namun berpengaruh besar bagi bisnis Anda. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor dan sebagai akibatnya, setiap langkah dalam proses pengambilan keputusan konsumen memiliki arti penting. Menurut Zsuzsa Kecsmar seorang international loyalty personality of the year 2024, merek yang ingin sukses perlu fokus pada setiap langkah proses pembelian, dan memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang berbagai tahapan perilaku konsumen. Maka dari itu, sebagain penyedia produk atau layanan, Anda harus memahami proses pengambilan keputusan konsumen.

Proses pengambilan keputusan konsumen mungkin berbeda-beda setiap konsumen, namun semua konsumen melalui langkah-langkah dasar saat melakukan pembelian untuk menentukan produk atau layanan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Menurut Jennifer Lyons seorang content writer, proses pengambilan keputusan konsumen adalah cara konsumen Anda mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan mereka, mencari solusi untuk kebutuhan mereka, dan membuat keputusan untuk membeli. Proses ini pun mencakup periode pertimbangan dan evaluasi pasca pembelian. Memahami berbagai fase proses pembelian konsumen dan mengetahui alat pemasaran mana yang digunakan pada setiap tahap proses sangat penting untuk mengarahkan konsumen agar mengambil keputusan pembelian yang menguntungkan bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen?

Berikut cara mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen berdasarkan Robin Agricola seorang founder and CEO of Birdhouse Marketing & Design :

Baca juga : Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek

1. Identifikasi kebutuhan
Konsumen hanya mengidentifikasi kebutuhan akan produk atau layanan baru, sementara tugas Anda adalah melakukan branding. Anda perlu memiliki merek yang kuat dan menonjol, serta pesan yang jelas dan menarik. Idealnya adalah Anda ingin branding Anda kuat sehingga konsumen akan memikirkan produk atau layanan Anda saat mereka mengidentifikasi kebutuhannya. Anda dapat menggunakan alat pemasaran untuk membangkitkan kesadaran dan pengakuan merek dengan pencitraan merek yang kuat, papan nama dan pengemasan, dan iklan.

2. Riset produk
Konsumen akan meneliti produk dan layanan yang mungkin sesuai dengan kebutuhan mereka dengan mencari opsi secara online. Konsumen akan mengklik berbagai situs web dan blog, mengumpulkan informasi dasar, dan menghilangkan opsi berdasarkan fungsi atau spesifikasi produk. Pemasaran memainkan peranan penting pada fase ini. Anda dapat mengoptimalkan dengan optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, chatbots, dan media sosial sebagai alat yang digunakan selama fase penting proses pembelian konsumen.

3. Evaluasi pilihan
Tahap ini konsumen akan mengevaluasi mana yang akan mereka pilih. Agar produk Anda dipilih oleh konsumen, Anda dapat menggunakan ulasan konsumen dan konten untuk penggunaan produk atau layanan agar mempengaruhi pilihan konsumen.

4. Keputusan besar
Jika konsumen telah memutuskan keputusan pembelian pada produk atau layanan Anda, Anda tetap harus mengantisipasi adanya pemikiran konsumen untuk berubah. Maka, Anda dapat melakukan beberapa strategi pomasaran yang dapat Anda terapkan untuk memastikan konsumen Anda tetap bersama dengan Anda, yakni pengalaman konsumen saat melakukan transaksi, iklan berbayar, dan pemasaran melalui email.


Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Ciptakan Pengalaman Konsumen yang Bermakna – Bukan Sekadar Transaksi
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x