Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Penting ! Kontak Mata Saat Berbicara di Depan Umum

Never, never, never let words come out of your mouth when your eyes are looking down.” – Bourke Cockrane

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Penting ! Kontak Mata Saat Berbicara di Depan Umum


Ketika Anda sedang tampil di depan umum sebagai pembicara, tentu arah mata anda diwajibkan fokus pada audiens. Bayangkan ini: Anda berada di ruangan yang dihadiri oleh banyak orang dan mata pembicara tertuju pada mata Anda, membuat Anda tertarik. Oleh karena itu, sebagai pembicara dapat menjadikan kontak mata sebagai sarana dalam menciptakan suatu hubungan. Dalam berbicara di depan umum, kontak mata bukan hanya sekedar isyarat, melainkan benang penghubung untuk memiliki pemahaman yang sama terhadap topik yang dibahas. Kontak mata dapat menjadi poin utama Anda untuk meningkatkan keterlibatan audiens, baik secara online maupun offline.

Dalam buku Communication for Business Professionals yang ditulis oleh David Simon, Michelle Grimes, dan Shauna Roch mengungkapkan bahwa hindari melihat ke atas kepala orang, menatap suatu titik di dinding, atau membiarkan mata Anda melihat ke arah yang berbeda-beda. Apabila Anda sebagai pembicara melakukan hal tersebut akan membuat audiens berpikir bahwa Anda menakutkan. Selain itu, audiens akan merasa tidak dapat menerima pesan Anda dan akan mengurangi efektivitas Anda sebagai pembicara. Oleh karena itu, bersikaplah profesional dan jaga pandangan mata anda. Lalu, apa saja hal penting dalam kontak mata saat berbicara di depan umum?

Berikut hal penting dalam kontak mata saat berbicara di depan umum menurut Rosemary Ravinal, seorang Bilingual Public Speaking Coach and Media Trainer:  

Baca Juga: 3 MINDSET SAAT PRESENTASI PENJUALAN

1. Durasi
Pada saat melakukan kontak mata dengan audiens, Anda harus memperhatikan durasinya agar tidak terjadi kesalahpahaman. Pola pikir setiap orang berbeda-beda sesuai dengan norma budaya dan latar belakang lainnya harus Anda ingat saat melakukan kontak mata dengan audiens. Durasi kontak mata rata-rata yang paling ideal adalah tiga detik. Hal ini didukung untuk membangun hubungan baik, sehingga mata Anda harus terkoneksi dengan berbagai audiens sebesar 50% – 70% sepanjang waktu. Selain itu, secara alami akan membuat Anda memperlambat berbicara sehingga Anda terdengar lebih terkendali, percaya diri, dan bertenaga.

2. Keyakinan
Memiliki keyakinan pada saat menatap mata audiens dapat membuat fokus audiens terarah kepada Anda. Contohnya, saat seseorang terfokuskan pada handphone atau orang lain, ia akan mengubah titik fokusnya menjadi perhatian kepada Anda. Selain itu, audiens akan lebih memperhatikan dan lebih mengingat apa yang Anda katakan.

3. Fokus
Saat Anda bertatapan mata dengan audiens, fokuskan mata Anda. Memfokuskan mata Anda dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi saat berbicara di depan umum. Selain itu, memfokuskan mata Anda dapat mengurangi kecemasan yang mungkin pada saat itu sedang Anda alami. Hal lain akan dirasakan oleh audiens, mereka akan merasa termotivasi untuk memberi isyarat kepada Anda mengenai perasaan mereka, biasanya dilakukan dengan anggukan dan senyuman sehingga terciptanya suatu interaksi.

4. Media
Melakukan kontak mata pada saat berbicara menjadi hal penting dan utama dalam meyakinkan audiens, baik dilakukan secara online maupun offline. Apabila Anda sebagai pembicara melalui platform online, peserta daring akan menyimpan lebih banyak konten yang dibagikan ketika kontak mata virtual terlibat. Pandangan langsung ke kamera akan meningkatkan apa saja yang mereka ingat.


Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda dapat melakukan kontak mata saat berbicara di depan umum secara baik dan benar. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909


Klik disini: Penerapan Teknik Teatrikal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x