Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Pentingnya Gerakan Tangan Saat Public Speaking

The success of your presentation will be judged not by the knowledge you send but by what the listener receives. – Lilly Walters

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Pentingnya Gerakan Tangan Saat Public Speaking

Pernahkah Anda berpikir bahwa apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda ketika Anda berbicara di depan audiens dapat memberikan makna yang lebih besar pada pesan yang Anda sampaikan?

Vanessa Van Edwards seorang peneliti perilaku manusia dan pembicara, mengatakan bahwa pembicaraan TED yang paling sedikit ditonton memiliki rata-rata 124.000 penonton dan menggunakan rata-rata 272 gerakan tangan. Sementara itu, yang berada di peringkat teratas memiliki rata-rata 7,4 juta penayangan dan 465 gerakan tangan dalam kurun waktu yang sama.

Tangan Anda bisa berbicara banyak. Masalah yang dialami kebanyakan orang adalah mencari tahu cara menggunakan gerakan yang tepat yang memperkuat pesan verbal mereka-semua sambil mencoba mengingat apa yang harus dikatakan.

Baca Juga: APA ITU “NEGATIVE BODY LANGUAGE”?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat Anda berbicara di depan umum:

1. Gunakan Tangan

Anda perlu memperhatikan dimana Anda meletakan tangan, karena hal tersebut dapat berefek pada hal yang Anda sampaikan. Jika Anda meletakan tangan disamping badan selama berbicara, maka Anda menjadi kurang menarik untuk didengar sehingga materi yang disampaikan tidak akan sampai kepada audiens.

Saat Anda berbicara, Anda perlu menggunakan tangan untuk membantu Anda memberikan deskripsi yang sesuai dengan apa yang Anda bicarakan. Namun jika Anda menggunakan gerakan tangan yang berlebihan saat berbicara di depan umum, Anda justru akan menghalangi audiens untuk menyerap apa yang Anda katakan.

2. Perlihatkan Tangan

Tangan Anda terlihat merupakan hal yang sangat penting, karena dapat membantu Anda menyampaikan pesan yang Anda inginkan. Jika tangan Anda tidak terlihat, audiens akan terfokus mempertanyakan dimana tangan Anda ketimbang materi Anda.

Kemudian Anda perlu menunjukan telapak tangan anda, karena hal ini membantu mengisyaratkan kejujuran dan Anda dapat dipercaya, karena dengan memperlihatkan telapak tangan, Anda menunjukkan bahwa tidak ada yang disembunyikan. Sehingga audiens akan lebih terbuka untuk mendengarkan Anda.

3. Penekanan Menggunakan Tangan

Penekanan pada titik tertentu saat Anda sangat penting, karena hal tersebut secara tidak langsung memberitahu audiens bahwa poin tersebut penting. Anda dapat menggunakan tangan Anda untuk memberi tanda baca pada titik tertentu yang ingin Anda sampaikan. Teknik ini efektif bila digunakan dengan benar tetapi tidak jika digunakan secara berlebihan.

Jadi, gunakanlah hanya untuk beberapa poin yang paling penting. Jika Anda memberi penekanan pada setiap poin yang Anda sampaikan, Anda tidak hanya akan kehilangan kredibilitas, tetapi juga menjadi membingungkan atau bahkan membuat audiens Anda bosan. Sehingga Anda harus menentukan titik penekanan dengan baik agar pesan Anda lebih banyak makna, dan Anda akan lebih berhasil memenangkan hati audiens Anda pada saat Anda berbicara di depan umum.

Skill komunikasi sangat penting di dunia kerja, mari ikuti tips berikut untuk meningkatkan skill komunikasi anda. Mari tingkatkan kemampuan komunikasi diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi Ms. Illona wa.me/6281882850909

Klik Disini: 3 Cara Mengatasi Demam Panggung

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x