Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Pentingnya Komunikasi di Lingkungan Kerja

“The more we learn about effective communication, the better we’ll be at leading, as our directives will be better understood.”– Paul Jarvis, author and designer

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Pentingnya Komunikasi di Lingkungan kerja

Komunikasi merupakan skill yang sangat penting dimanapun kamu berada, karena komunikasi adalah hal yang diperlukan saat berinteraksi dengan orang lain. Namun, komunikasi di lingkungan kerja lebih penting lagi karena berhubungan dengan kesuksesan anda.

Dari data yang diolah Forbes, sebanyak 49% pekerja mengatakan produktivitas mereka terganggu akibat komunikasi yang buruk, 50% pekerja mengatakan komunikasi yang buruk berdampak pada kepuasan dalam bekerja, sedangkan 42% pekerja mengatakan bahwa komunikasi yang buruk mempengaruhi tingkat stress mereka dan 45% pekerja berpendapat bahwa komunikasi yang buruk juga mempengaruhi kepercayaan pekerja terhadap pemimpin tim.

Menurut Pat Bosworth seorang CEO dari perusahaan pelatihan kepemimpinan dan pembinaan kepemimpinan, dampak dari komunikasi yang baik di lingkungan kerja:

Baca Juga: 3 Tantangan Komunikasi Interpersonal

  1. Meredakan Konflik

Konflik di lingkungan kerja dapat terjadi karena ada kesalahpahaman antar pekerja, pekerja yang merasa terabaikan oleh tim atau pemimpin dan miskomunikasi. 

Hal-hal tersebut dapat memicu terjadinya konflik. Sehingga skill komunikasi sangat diperlukan di lingkungan kerja, karena dapat membantu meredakan konflik terjadi. Jika tim dapat berkomunikasi dengan baik, maka informasi yang disampaikan akan jelas dan mudah untuk dimengerti sehingga membantu tim memahami kebutuhan satu sama lain.

  1. Keterlibatan Pekerja

Komunikasi tidak hanya berbicara dengan orang lain, namun juga berhubungan dengan orang lain. Saat pekerja terhubung satu sama lain, mereka akan berkomunikasi dengan baik sehingga menjadi lebih aktif saat bekerja dan juga menjadi sejalan dengan visi perusahaan.

Pekerja yang lebih aktif tentu saja baik untuk perusahaan, dengan adanya komunikasi pemimpin tim dapat lebih baik mengerahkan kemampuan pekerja sehingga membuahkan hasil yang baik.

  1. Hubungan Baik dengan Klien

Jika perusahaan anda berhubungan dengan klien, maka anda memerlukan pekerja yang dapat menghadapi klien. Pekerja yang memiliki skill komunikasi yang baik dapat menyelesaikan konflik yang dimiliki klien, membuat klien lebih dimengerti dan dapat memberikan informasi yang jelas sehingga dapat dimengerti sehingga membantu meningkatkan hubungan perusahaan dengan klien tersebut.

  1. Pekerja Lebih Produktif

Adanya komunikasi antar anggota dan pemimpin tim, dapat membantu meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Jika pemimpin tim memiliki skill komunikasi yang baik, maka dia dapat lebih mengerti tentang kemampuan anggota tim sehingga ia bisa memberikan pekerjaan yang tepat.

Kemudian dapat mendorong anggota tim untuk berani memberikan ide dan masukan yang dapat berpengaruh baik kepada tim.

Skill komunikasi sangat penting di dunia kerja, mari ikuti tips berikut untuk meningkatkan skill komunikasi anda. Mari tingkatkan kemampuan komunikasi diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi Miss. Illona wa.me/6281882850909

Klik disini: 4 Rahasia Meningkatkan Penjualan Dengan Memahami Produk

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x