Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Penyebab Audiens Tidur Dalam Presentasi

Jika Anda tidak bisa menarik fokus Audines maka Mereka akan dengan kompak memjamkan mata – Orang Bijak.


Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Penyebab Audiens Tidur Dalam Presentasi


Saat Anda melakukan presentasi, tantangan pertama dalam presentasi tersebut adalah membuat audiens tertarik untuk mendengarkan apa yang Anda sampaikan. Dengan mendengarkan dan menyimak apa yang Anda sampaikan, maka besar kemungkinan untuk audiens Anda melakukan apa yang Anda minta. Namun pada kenyataannya untuk membuat audiens Anda tetap terjaga dan memperhatikan apa saja yang Anda bicarakan di depan podium bukanlah sebuah hal yang mudah. Banyak dari audiens yang datang pada sebuah seminar atau pelatihan yang akhirnya tertidur dan tidak mendapatkan manfaat apa-apa atas kehadirannya. Maka dari itu, sebagai pembicara Anda harus mempunyai tips dan trik bagaimana caranya membuat sebuah presentasi yang menarik sehingga audiens Anda tertarik untuk mendengarkan dari awal hingga akhir dan tidak tertidur di tengah-tengah acara. Lalu sebetulnya apa yang menyebabkan audience tidur dalam presentasi Anda?


Baca Juga : 3 Teknik Mengatasi Lupa Materi Presentasi Public Speaking
Ada 3 Penyebab Mengapa Audiens Anda Tidur Dalam Presetasi Anda :
1. Nada Suara Anda Yang Monoton
Ketika Anda berbicara tanpa intonasi dengan nada yang datar merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan audiens Anda mengantuk dan mulai tertidur. Tingkatkan volume suara Anda, berikanlah energi disetiap ucapan Anda sehingga audiens merasakan antusiasme disetiap kata -kata yang Anda ucapkan.


2. Miskin Illustrasi
Illustrasi adalah cara Anda menjelaskan poin-poin Anda. Libatkan otak kiri dan kanan audiens Anda. Otak kiri bicara data dan angka, jadi illustrasi yang dapat Anda gunakan : hasil survey, data, statistika, studi kasus. Dan untuk otak kanan yang bicara mengenai emosi, Anda dapat memberikan illustrasi berupa cerita.  Berikanlah cerita yang menginspirasi, cerita lucu atau cerita yang berupa metafora atau perumpamaan, sehingga audiens Anda dapat dengan mudah memahami apa yang Anda sampaikan.


3. Bahasa Tubuh Yang Kaku 
Bahasa tubuh yang pasif akan membuat audiens Anda bosan dan kebosanan membawa kepada suasana yang membuat mereka mengantuk. Sebagai pembicara alangkah baiknya bahasa tubuh Anda harus aktif, seperti : sering berjalan kearah kanan dan kiri saat memberikan presentasi, menggunakan tangan Anda dengan aktif atau sebaliknya mintalah audiens Anda aktif bergerak dengan cara mintalah audiens Anda mendiskusikan materi yang sedang Anda bahas.


Perhatikanlah 3 penyebab diatas sehingga audience Anda dapat terhindar dari rasa kantuk. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x