Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Penyebab Penyampaian Ditolak Audiens

“Penolakan adalah tanda kurangnya hubungan yang di bangun, tidak ada orang yang akan menolak Anda yang ada hanyalah komunikator yang tidak flexible” – NLP.


Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Penyebab Penyampaian Ditolak Audiens


Penolakan dapat terjadi dalam banyak aspek, termasuk saat Anda berbicara di hadapan audiens atau saat public speaking dan presentasi sehingga perlu untuk dipahami  hal-hal apa saja yang besar kemungkinan menjadi penyebab penolakan. Inilah tiga hal yang dapat menjadi penyebab penyampaian Anda ditolak secara langsung atau tertolak secara tidak langsung oleh Audiens!


Baca Juga : 3 Tips Public Speaking Saat Memberikan Pernyataan Maaf
1.  Merendahkan Audiens
Anda akan di tolak apabila merendahkan audiens, seperti : menghina, menyindir atau “melecehkan” Mereka secara verbal. Penggunaan kata-kata kasar seharusnya dihindari, mendiskriminasi sebuah suku dan ras dalam presentasi atau contoh yang Anda bahas juga sebaiknya tidak dilakukan. Melebel suku tertentu dengan konotasi negatif seperti malas dan bodoh adalah hal fatal yang akan memancing keributan.


Sikap merendahkan dapat menimbulkan resistensi dalam berbicara di depan umum karena dapat mengasingkan audiens dan menurunkan kredibilitas pembicara. Penelitian yang dilakukan oleh Thomas Huckin yang berjudul Critical Discourse Analysis and the Discourse of Condescension menyatakan bahwa Patronizing and condescending language can be perceived negatively across various discipline. Oleh karena itu, sangat penting bagi pembicara untuk memperhatikan bahasa dan sikap Mereka untuk menumbuhkan audiens yang positif dan reseptif.


2. Menyinggung Kepercayaan
Hal sensitif berikutnya adalah Anda menyinggung agama yang di yakini oleh audiens Anda. Walaupun Anda memiliki dasar argument yang jelas, hindari mengkritik, menyalahkan atau menyinggung sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan orang khusunya agama yang Mereka yakini.


3.  Memarahi Audiens
Secara terang-terangan memarahi atau mempermalukan satu dua orang di hadapan audiens lain, juga merupakan hal yang seharusnya tidak dilakukan karena dapat mengakibatkan perlawanan dari orang yang di permalukan tadi sehingga membuat kekacauan di ruang seminar atau presentasi Anda.


Cobalah memperhatikan tiga hal di atas, sehingga penolakan tidak Anda alami saat pembawakan presentasi atau public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x