Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Bahaya ! Ini 4 Penyebab Writer Block

F. Scott Fitzgerald penulis nover terkenal This Side of Paradise, Charles M. Schulz kartunis komik Peanuts dengan tokoh snoopy yang memiliki sekitar 355 juta pembaca di 75 negara atau Adele penulis lagu dan penyanyi Hello pernah merasakan writer block.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Penyebab Writer Block | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Writer block di definisikan oleh Rose, Mike (1984). Writer’s block : dimensi kognitif merupakan kondisi di mana seorang penulis tidak dapat menghasilkan karya baru atau mengalami perlambatan kreatif.


Baca Juga : Content Is The New Currency

Menangkap akan fenomena ini dua orang psikolog, yakni : Jerome Singer and Michael Barrios dari Yale psychologists pada tahun 1970 dan 80-an melakukan penelitian akan faktor penyebab dari writer block. Dan Mereka mendapati empat penyebab ini :

1. Apatis

Sifat apatis ini ditandai dengan  kesulitan untuk melamun atau tidak merasakan kreativitas. Orang sering merasa bahwa tulisannya harus cocok dengan aturan-aturan kepenulisan yang ketat.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Karena hal ini bisa saja disebabkan karena kelelahan sehingga pikiran merasa buntu. Jalan-jalan mencari angin segar, menikmati pemandangan di taman ataupun hanya dengan mandi. Buatlah pikiran kembali fresh dan siap kembali menemukan ide-ide menarik untuk dituliskan.

2. Amarah

Orang-orang ini memiliki kecendrungan narsistik yang merupakan kondisi gangguan kepribadian dimana seseorang akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Mereka tak ingin membuat ataupun menerbitkan tulisannya kecuali jika dirinya mendapatkan popularitas, uang ataupun penghargaan lainnya.

Ekspektasi yang terlalu tinggi atas tulisan yang di buat justru adalah rintangan dalam kreativitas . Menulis semestinya merupakan kegiatan yang akan menghasilkan perasaan bahagia . Lakukanlah itu untuk kesenangan.

3. Kegelisahan

Merasa jika tulisan tidak cukup bagus, tidak berkualitas adalah faktor penyebab berikutnya dari writer block. Dari pada Alih-alih khawatir dengan kualitas tulisan, akan jauh lebih baik mengasah kemampuan menulis agar lebih baik lagi.

4. Bermasalah Dengan Orang Lain

Membanding-bandingkan tulisan dengan orang lain, sehingga cenderungan untuk terlalu mengkritik diri Mereka sendiri hal ini akan melahirkan tekanan hingga depresi.

Jika Anda mengalami writer block coba amati apakah keempat hal di atas adalah penyebabnya ? Jika Iya cobalah lakukan perubahan.

Ingin membaca artikel menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x