Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Peran Bahasa Tubuh Dalam Pidato Hari Pahlawan

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan. Pemilihan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional adalah untuk menandai momen sejarah pertempuran besar 10 November 1945 di Surabaya.


Pembicara | Motivator | Peran Bahasa Tubuh Dalam Pidato

Dalam rangka memeriahkan Hari pahlawan maka akan selalu ada pidato yang disampaikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai yang dipegang oleh pahlawan serta sejarah perjuangan. Agar pidato yang disampaikan dapat mempengaruhi emosi audience dan meningkatkan semangat patriotisme maka Anda harus memperhatikan bahasa tubuh yang Anda tampilkan. Inilah 5 komponen bahasa tubuh yang perlu Anda perhatikan untuk dapat mempengaruhi emosi dan meningkatkan semangat patriotisme Audience!

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Kebosanan Saat Mengikuti Seminar
1. Mata
a. Luring : Jika jumlah audiens Anda tidak terlalu banyak maka lihatlah mata semua audiens Anda. Namun apabila jumlah audiens Anda terlalu banyak maka lihatlah perwakilan kanan depan, kanan tengah, kanan belakang, tengah depan, tengah tengah, tengah belakang, kiri depan, kiri tengah dan kiri belakang.


b. Daring : Jika Anda membawakan pidato secara daring maka tataplah kamera Anda seolah-olah kamera tersebut adalah mata audiens Anda.


2. Tangan
Kunci dari gerakan tangan yang menarik adalah variasi. Variasikanlah gerakan tangan Anda, diantaranya dengan : Gerakan menghitung, gerakan cherry picking, gerakan menggambarkan dan gerakan menunjuk.


3. Kaki
Berdirilah dengan kokoh. Mulailah berdiri pada posisi tengah kemudian berjalanlah 2 – 3 langkah ke sisi kanan dan fokuslah kepada audiens yang berada pada sisi kanan, lalu kembalilah ketengah dan berbicaralah pada seluruh audiens Anda, kemudian berjalanlah 2 – 3 langkah ke sisi kiri dan fokuslah kepada audiens yang berada pada sisi kiri, lalu kembalilah ketengah dan berbicaralah pada seluruh audiens Anda.


4. Voice
VOICE adalah elemen yang paling berperan penting dalam mempengaruhi emosi dan meningkatkan semangat patriotisme audience. VOICE terdiri atas : Volume, Pastikan suara Anda dapat terdengar oleh seluruh Audiens Anda. Jika suara Anda kecil, Anda dapat menggunakan alat bantu. Out of filler, Pastikan pengucapan – pengucapan Anda tanpa diawali oleh kata-kata yang tidak Anda perlukan. Seperti : ehh…, baik, nah, oke, Untuk dapat mengatasinya maka Anda harus terus berlatih atau Anda dapat terdiam sejenak dan mencari kata sinonim dari kata yang telah Anda ucapkan sebelumnya. Intonasi, Pastikan intonasi Anda ketika Anda berbicara naik dan turun. Clarity, Pastikan kata – kata yang sulit untuk Anda ucapkan telah Anda latih sebelumnya sehingga pengucapannya jelas. Energy, Pastikan ketika Anda berbicara harus ada energi di nada suara Anda dan ada antusiasme yang di dengar dari suara Anda.


5. Basic Possion
Pastikan ketika tangan tidak lagi Anda gunakan maka Anda meletakannya sejajar dengan pusar Anda.


Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik http://publicspeakingacademy.co.id/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x