Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Percaya Diri Saat Public Speaking

Picture yourself in a living room having a chat with your friends. You would be relaxed and comfortable talking to them, the same applies when public speaking.” – Richard Branson.

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Percaya Diri Saat Public Speaking

Berbicara di depan umum adalah tindakan berbicara di depan audiens secara langsung dan tidak langsung bertujuan untuk mendidik, membujuk, atau menghibur audiens. Keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal diperlukan agar seorang pembicara dapat berhasil melibatkan audiensnya. Hal ini menjadi ketakutan bagi banyaknya public speaker, yakni takut untuk tidak mendapatkan feedback dari audiens. Ketakutan ini didukung pada penelitian dari YouGov bahwa 49% orang takut berbicara kepada sekelompok orang di depan umum. Lalu, bagaimana membangun kepercayaan diri saat menjadi public speaker ?

Berikut 5 tips untuk meningkatkan kepercayaan diri saat public speaking menurut Andres Tovar seorang co-founder of Noetic Marketer and a digital marketing agency :

Baca Juga : Tingkatkan Keterampilan Impromptu dalam Public Speaking

1. Perbanyak latihan agar sempurna
Melatih diri Anda dengan presentasi Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri secara signifikan. Anda dapat berlatih di rumah, saat mengemudi, atau saat-saat tertentu untuk meningkatkan alur berbicara Anda secara alami. Latihan akan lebih efektif jika Anda melatih setiap aspek presentasi Anda. Aspek yang dimaksud adalah mulai dari cara Anda menggunakan alat bantu visual hingga bahasa tubuh yang akan Anda gambarkan saat Anda berbicara. Ingat, jika anda tampil percaya diri saat berbicara, audiens tidak akan tahu bahwa Anda sedang gugup.

2. Kelola gugup
Merasa gugup sebelum berbicara adalah hal yang wajar, walaupun Anda sudah sering latihan. Jangan biarkan rasa gugup menguasai diri Anda, karena akan membuat kehilangan fokus dan kesulitan menyampaikan pesan. Anda dapat berlatih mengontrol pernapasan atau latihan kesadaran lainnya untuk membantu Anda memaksimalkan fokus dan mengurangi ketegangan saraf. Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi sebelum memulai presentasi.

3. Berhenti sejenak dan berbicara perlahan
Salah satu cara untuk mengatasi rasa gugup dan menjaga kecepatan berbicara yang baik adalah berhenti sejenak dan bernapas pada titik-titik tertentu selama presentasi Anda. Menarik napas dalam-dalam membantu Anda mengatur ulang mental dan fokus. Jeda di akhir bagian penting presentasi Anda atau setelah mengajukan pertanyaan akan memberikan waktu kepada audiens untuk merenungkan apa yang Anda katakan.

4. Fokus pada hal positif
Waktu setelah presentasi Anda selesai dapat digunakan untuk refleksi diri. Jangan terfokus pada kesalahan yang Anda buat, hal ini menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan diri dan membuat Anda semaakin gugup jika menjadi public speaker. Anda dapat fokus pada hal-hal baik yang Anda lakukan dan pujian yang diberikan audiens kepada Anda.

5. Jangan takut untuk mendapatkan bantuan profesional
Glossphobia adalah phobia sosial serius yang dapat menyebabkan masalah dalam pekerjaan atau lingkungan lain. Anda dapat mengatasi phobia ini dengan terapi cognitive behavioral therapy (CBT). CBT berfokus pada pembicaraan positif diri sendiri dan menghadapi ketakutan Anda di lingkungan aman dengan bantuan dari profesional berlisensi. Partisipasi dalam kelompok berbicara juga dapat memberikan ruang yang aman untuk meningkatkan keterampilan Anda dan mengatasi ketakutan Anda.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat percaya diri saat public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi 
Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Tips Menaklukan Ketakutan Saat Berbicara di Depan Umum
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x