Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Perhatikan Aturan Etika Profesional Ini !

“Ethics is knowing the difference between what you have a right to do and what is right to do.” – Potter Stewart

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Perhatikan Aturan Etika Profesional Ini

Etika menjadi salah satu hal yang sulit untuk dipikirkan. Etika berubah seiring berjalannya waktu, apa yang terlihat baik-baik saja saat ini mungkin akan menjadi hal yang buruk di masa depan. Kesulitan dalam memikirkan etika tidak menjadi penghalang seseorang untuk memahami standar etikanya karena etika berkaitan dengan suatu keputusan. Hal ini selaras dengan ungkapan Jennifer Juo seorang content marketing team lead at Udemy for Business bahwa etika adalah standar moral yang Anda andalkan ketika membuat keputusan. Etika tidak hanya menjadi pendoman dalam mengambil keputusan, namun juga menjadi kriteria orang lain menilai Anda.

Etika yang dimiliki oleh seseorang dapat menentukan apakah seseorang dapat berperilaku profesional atau tidak. Profesional adalah perilaku, tujuan, atau kualitas yang menjadi ciri atau menandai seseorang yang profesional berkaitan dengan kualitas pengerjaan atau layanan. Leandro Valente seorang Infrastructure Analyst berpendapat bahwa profesional berkaitan dengan kesuksesan dan pengaruh, yakni memiliki reputasi unggul.

Dalam bisnis, cara orang memandang Anda dan perusahaan Anda adalah dasar untuk membangun kepercayaan. Jika Anda mengambil tindakan tidak etis, Anda kehilangan kredibilitas dan bisnis Anda memiliki reputasi buruk. Etika profesional dalam bisnis memiliki manfaat yang sangat positif untuk keberlangsungan Anda dan bisnis Anda. Lalu, bagaimana aturan etika profesional yang harus dimiliki.

Berikut aturan etika profesional dari akademisi menurut Colin Shaw seseorang yang termasuk dalam World’s Top 150 Business Influencers pada Beyond Philosophy:

Baca Juga : Inilah 7 Tips Menjadi Rekruter Yang Baik

1. Menetapkan kode etik pribadi
Anda harus menentukan dan mengetahui apa yang penting bagi Anda, ingin menjadi seperti apa, apa yang Anda perjuangkan, dan batasan Anda. Selain itu, Anda harus mengetahui empat hal tersebut sebelum Anda mengalami situasi sulit. Harus Anda ingat bahwa kerap kali pengambilan keputusan sulit dilakukan ketika dua prinsip etika saling bertentangan.

2. Pentingnya kondisi dalam pengambilan keputusan yang etis
Anda harus menetapkan etika agar Anda memahami bahwa kondisi akan mempengaruhi perilaku Anda. Kebanyakan orang akan berperilaku tidak etis apabila dihadapkan pada situasi yang mendorong untuk berperilaku tidak etis. Pada intinya, kondisi tertentu akan mendorong dan menentukan Anda berperilaku.

3. Atur lingkungan Anda
Apabila Anda sudah memahami bahwa kondisi itu penting, maka Anda harus mengendalikannya. Cara agar Anda dapat mengendalikan suatu kondisi adalah dengan keluar, mengubah, dan/atau menciptakan. Namun, poin pentingnya adalah jika Anda dapat meningkatkan menjadi kondisi yang lebih baik, Anda menjadi pribadi yang sukses mengendalikan kondisi.

4. Percaya pada naluri Anda
Pada masa mendatang, akan ada situasi bahwa intuisi Anda bermanfaat bagi Anda dan hal ini berhubungan dengan etika. Penting untuk mempercayai penilaian intuisi Anda terhadap suatu hal. Melalui intuisi, Anda dapat mempertimbangkan segala sesuatu sebelum Anda melanjutkan mengenai tindakan atau keputusan Anda selanjutnya tepat untuk Anda. Perlu diingat, semakin Anda mendalami, semakin mudah Anda membenarkan suatu tindakan.

5. Pengambilan keputusan yang etis tidak bersifat hitam dan putih
Pada saat Anda mengambil suatu keputusan, ada keputusan yang lebih baik dan lebih buruk. Anda harus menyeimbangkan pengorbanan saat mengambil keputusan untuk merencanakan dan bertindak secara bijaksana. Anda dapat mencari perbedaan di area abu-abu ketika tidak ada jawaban yang jelas. Perbedaan ini akan mengarahkan Anda pada keputusan yang lebih baik daripada keputusan yang lebih buruk.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat mengimplementasikan etika profesional. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Manajemen Tim yang Efektif ? Ini Rahasianya !
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x