Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 6, 2018 in Articles | 0 comments

Tongkat Komando dalam presentasi

Motivator | Terdapat begitu banyak kekuatiran dalam pikiran para peserta yang mereka ungkapkan dalam sesi pertanyaan saat saya membahas sub topic cara menjawab pertanyaan. Umumnya pertanyaan yang mereka tanyakan tidak pernah saya alami dalam karir saya 10 tahun didunia public speaking, tapi begitulah yang namanya ketakutan. Membayangkan hal yang kadang tidak pernah terjadi.

Mengendalikan audiens adalah salah satu syarat mutlak untuk membuat acara yang anda pimpin berlangsung dengan baik dan berhasil. Satu hal penting yang harus di letakan dalam pikiran dan benak anda bahwa anda adalah jenderal yang memegang tongkat komando berupa microphone.

Siapapun yang duduk di ruangan tersebut, walaupun “pangkatnya” lebih tinggi dari anda tetap harus mengikuti perintah anda. Ingat anda yang memegang tongkat komando. Oleh karena itu, lakukan tiga hal ini agar presentasi anda menarik :

  1. Libatkan peserta

Libatkanlah audiens dalam menjawab pertanyaan dari rekan mereka sesama peserta, jika sekirannya anda tidak mengetahui pesis jawabannya. Tidak perlu malu dan buang jauh-jauh dari pikiran anda bahwa hal ini tabu. Ingatlah bahwa selain sebagai pemateri, anda yang memegang kendali penuh atas acara tersebut.

  1. Dorong mereka berinteraksi

Minta mereka membentuk grup diskusi dan bahaslah sebuah kasus atau hanya sekedar memberikan kesimpulan atas apa yang anda ajarkan berdasarkan pemahaman mereka. Hal ini akan menghapus kecenggungan diantara peserta apalagi jika mereka belum saling kenal sebelumnya.

  1. Ajaklah mereka bercanda

Carilah satu dua orang didalam kelas yang dapat diajak becanda, sehingga materi anda tidak garing. Pastikan pemilihan orang nya tepat agar yang bersangkutan tidak tersinggung saat di “bully” untuk bahan guyon anda

Selamat bertugas “Jenderal”

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Free BeTheme WordPress Theme is the best product we ever did.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *