Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jan 26, 2018 in Articles | 0 comments

Presentasi yang membosankan

Public Speaking Indonesia | Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan salah satu teman yang menceritakan pengalaman beliau mengikuti sebuah pelatihan dua hari di Jakarta. Pelatihan yang mengfokuskan ke penjualan tersebut dibawakan oleh seorang pembicara berkelas internasional dengan latar belakang pengalaman yang hebat.

Satu hal yang menjadi “masalah” bagi sahabat saya ini adalah kurangannya penjelasan yang di berikan oleh sang pembicara dalam pelatihan tersebut dan sebagai gantinya sang pembicara hanya membacakan materi yang sudah ia tulis di slide.

Bosan, jenuh dan ngantuk melanda beberapa orang peserta hingga dihari kedua jumlah pesertanya berkurangan hingga 50%. Apakah anda juga pernah menghadiri seminar atau pelatihan yang dibawakan dengan cara yang sama ?

Hal ini tidak ubahnya seperti saat kita mendengarkan mayoritas guru atau dosen mengajar didepan kelas. Ada tiga minim yang menjadi penyebab sehingga hal ini terjadi :

  1. Minim Pengetahuan

Kurangannya pengetahuan yang dimiliki oleh sang pembicara akan membuat materi yang dibawakan terkotak didalam slide yang ditampilkan. Cobalah perluas sudut pandangan dan pengetahuan anda sehubungan dengan topik yang akan anda bawakan, caranya dengan membaca beberapa refrensi tambahan

  1. Minim Pengalaman

Pembahasan yang dangkal bisa juga disebabkan karena miskin akan contoh kasus yang dibahas atau diceritakan sehubungan dengan topik. Indikator utama dari hal ini adalah kurangannya pengalaman yang di miliki oleh sang pembicara sehubungan dengan topik itu.

Atasilah hal ini dengan menceritakan pengalaman orang lain atau ceritakanlah sebuah perumpamaan untuk menggambarkan poin yang anda sampaikan

  1. Minim Persiapan

Ketakutan jika lupa materi presentasi yang telah disiapakan membuat orang menuliskan semua yang akan dibicarakan didalam slide presentasi mereka.

Cara mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghafal poin utama yang akan disampaikan

Dan selalu ingat, bahwa public speaking adalah sebuah seni berbicara dihadapan orang banyak, sehingga jangan pernah matikan seni itu dengan kekakuan anda dalam membawakannya.

Mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

 

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *