Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Tips Public Speaking Saat Memberikan Pernyataan Maaf

“Mengaku salah & mohon maaf, pertanda jiwa ksatria. Berani mengubah kesalahan ke arah perbaikan adalah langkah awal menuju kesuksesan!” – Andrie Wongso.


Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Public Speaking Saat Memberikan Pernyataan Maaf


Meminta maaf setelah melakukan kesalahan tidaklah sesederhana mengucapkan sepatah dua patah kata. Tak jarang permintaan maaf akan berakhir sia-sia karena cara yang digunakan kurang tepat dan dianggap tidak tulus. Lalu apa yang harus Kita lakukan agar permintaan maaf dapat terkesan tulus di mata Audiens?  


Baca Juga : Teknik 3S Dalam Presentasi Elevator Pitch
Berikut Ini 3 Tips Public Speaking Saat Memberikan Pernyataan Maaf :
1. Hindari Pembenaran Diri
Hidarilah pembenaran diri karena opini yang telah terbentuk tidak mudah untuk di ubah, malah akan terus menjadikan Anda terlihat negatif apabila Anda melakukan pembenaran terhadap tindakan yang Anda buat. Walaupun mungkin saja maksud dari tindakan Anda tersebut berbeda dengan persepsi dari orang yang menerimanya


2.  Ucapkanlah Kata ‘Maaf’ Dengan Tulus
Penelitian yang dilakukan oleh Hornsey, M. J., Wohl, M. J. A., Harris, E. A., Okimoto, T. G., Thai, M., & Wenzel, M. (2020) menyatakan bahwa public apologies by nonverbal demonstrations of remorse had reliable effects on perceived likelihood of reoffending, empathy, positive appraisals of the transgressor, and satisfaction with the apology. Oleh karena itu, saat Anda mengucapkan permintaan maaf, Anda perlu memperhatikan volume suara dan ekspresi wajah Anda untuk menguatkan permintaan maaf Anda.


3. Berikan Penjelasan Yang Jelas
Anda perlu memberikan penjelasan yang jelas, jujur dan tidak berbelit-belit. Supaya Audiens bisa menilai dengan baik apa yang Anda katakan. Sehingga hal ini dapat meluruskan opini yang telah terbentuk dan reputasi Anda akan tetap baik di Audiens.  


Mari lakukanlah 3 tips di atas sehingga permintaan maaf Anda dapat terlihat tulus dimata Audiens. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x