Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek

Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek

Excellent customer service is the number one job in any company! It is the personality of the company and the reason customers come back. Without customers there is no company!” – Connie Edler


Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Rahasia Sukses Menghadapi Konsumen Cuek


Sebuah tantangan besar bagi penjual ketika menghadapi beranekaragam karakter yang dimiliki oleh konsumen. Namun, hal yang perlu diingat adalah sikap konsumen ditentukan oleh sikap penjual dalam melayani konsumen. Sikap penjual yang ramah terhadap konsumen akan menghasilkan sikap konsumen yang ramah, begitupun sebaliknya sikap penjual yang cuek atau dingin akan menghasilkan sikap konsumen yang cuek. Menurut Colin Shaw seseorang yang termasuk dalam World’s Top 150 Business Influencers pada Beyond Philosophy, sikap cuek pada konsumen dapat diartikan sebagai tidak merasakan suatu hal yang sama terkait dengan suatu pengalaman. Hal ini dapat dikaitkan dengan bagi konsumen suatu hal tersebut tidak buruk dan tidak baik, namun apa yang konsumen harapkan. Perasaan diabaikan oleh konsumen membuat penjual merasa bahwa ia gagal untuk meyakinkan konsumen dalam menggunakan atau memberi barang dan/atau jasa yang ia tawarkan. Lalu, bagaimana cara menangani sikap konsumen yang cuek selaku penjual?


Berikut merupakan rahasia sukses untuk menghadapi konsumen cuek yang dikemukakan oleh Shep Hyken seorang pakar layanan pelanggan dan penulis buku terlaris New York Times:

Baca Juga: 3 Tantangan Komunikasi Interpersonal

1. Mengajukan pertanyaan yang tepat
Melalui dengan pertanyaan yang tepat sasaran, maka Anda sebagai penjual akan mendapatkan jawaban yang akurat untuk memahami situasi konsumen. Namun, jangan menyela saat konsumen berbicara karena akan membuat konsumen merasa tidak dihargai, meningkatkan amarah, atau masalah. Alangkah baiknya apabila diperlukan untuk menyela, Anda sebagai penjual dapat melakukan dengan cara yang benar.

2. Dilarang untuk memberikan sikap cuek terhadap konsumen, berikan sikap empati
Pada dasarnya, konsumen ingin menjalin relasi terlebih dahulu dengan penjual agar penjual dapat memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Konsumen ingin bahwa penjual merasa bahwa konsumen adalah hal terpenting dan penjual dapat memberikan seluruh perhatiannya kepada konsumen. Bersikap empati sangat dianjurkan untuk menghadapi konsumen, sehingga konsumen berpikir bahwa penjual memahami situasi mereka. Sangat disarankan bagi penjual untuk berbicara seperti “Baik, saya memahami perasaan bapak/ibu. Saya akan merasakan hal yang sama jika hal tersebut terjadi kepada saya” agar konsumen mengetahui bahwa Anda memahami dan berada di pihak mereka. Oleh karena itu, bersikaplah ramah dan hindari memberikan sikap cuek kepada konsumen.

3. Dilarang memberi tahu konsumen bahwa ia salah
Memberi tahu bahwa konsumen salah merupakan kesalahan fatal. Pada akhir hubungan penjual dan konsumen, penjual mengharapkan bahwa konsumen dapat mengatakan hal seperti “Terima kasih telah memperhatikan saya dengan baik”, “Terima kasih telah melayani saya dengan baik”, dan sebagainya. Memberi tahu bahwa konsumen salah akan memiliki dampak bahwa Anda sebagai penjual menuduh konsumen melakukan suatu kesalahan. Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa konsumen tidak selalu benar, namun jika konsumen salah maka biarkan konsumen melakukan kesalahan dengan bermartabat dan terhormat.

4. Fokus pada hal yang positif
Pada prakteknya antara hubungan penjual dengan konsumen tidak jarang ditemukan bahwa penjual tidak dapat memecahkan masalah yang dialami oleh konsumen. Hal ini tentu menjadi tekanan tersendiri bagi penjual. Namun, fokuslah terhadap hal yang Anda sebagai penjual dapat lakukan dan jangan terfokus pada hal yang tidak dapat anda lakukan. Pada dasarnya, konsumen ingin mengetahui bahwa mereka sedang berbicara dengan seseorang yang dapat memecahkan masalah mereka.


Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda dapat menghadapi konsumen cuek dengan baik dan benar. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0811 3440 909


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : 3 Tipe komunikasi Efektif
Semoga Bermanfaat !