Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

5 Penyebab Timbulnya Rasa Gugup Saat Presentasi

“For anyone, being able to communicate information is absolutely essential.” – Dr. Gilda Carle, Ph.D., M.S., B.A.


Motivator | Pembicara | Public Speaking Indonesia | Rasa Gugup Saat Presentasi


Kemampuan komusikasi sangat di perlukan dalam berbagai bidang pada setiap aspek kehidupan yang Kita jalani sehari-hari. Namun sepandai apapun Kita berkomunikasi tanpa adanya pengetahuan dan kemampuan yang tepat untuk mengendalikan rasa gugup maka semua hal tersebut akan sirnah karena rasa gugup dapat membuat Anda mendadak menjadi tergagu atau bahkan dapat menjadi lupa hal apa yang akan Anda presentasikan. Lalu sebetulnya apa yang menjadi penyebab timbulnya rasa gugup saat presentasi ?


Baca Juga : Pengulangan yang menghipnotis
Berikut adalah 5 penyebab timbulnya rasa gugup saat presentasi :


1. Tidak Adanya Persiapan Yang Matang
Seringkali Kita menyepelekan presentasi dengan membuat materi presentasi pada H-1. Pembuatan materi presentasi yang dilakukan secara mendadak dapat membuat Kita kurang melakukan persiapan. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan Kita menjadi merasa gugup karena tidak yakin dengan apa yang dipresentasikan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mempersiapkan materi dari jauh-jauh hari minimal H-7.


2. Terlalu Memikirkan Perkataan Orang Lain
Salah satu hal yang dapat membuat Kita menjadi gugup adalah dengan pikiran yang tidak tepat terhadap perkataan Audience Kita nantinya. Contoh pemikiran yang tidak tepat adalah dengan berpikir “Bagaimana bila nanti Saya salah menyampaikan materi dan berakhir ditertawakan ?” atau “Bagaimana jika Saya tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh audience ?”.


3. Kurang Percaya Diri
Kurangnya rasa percaya diri mampu menciptakan rasa gugup dan menggangu focus Anda ketika presentasi. Rasa kurang percaya diri dapat timbul akibat Anda menggunakan hal-hal baru, seperti baju baru, sepatu baru atau gaya rambut yang baru. Untuk itu, hindarilah menggunakan hal-hal yang baru pertama kali Anda kenakan.


4. Kurangnya Pengalaman
Salah satu penyebab yang dapat menimbulkan rasa gugup saat presentasi adalah kurangnya pengalaman atau jam terbang. Seorang pembicara profesional adalah Orang yang telah memiliki banyak pengalaman dan jam terbang sehingga rasa takut dan gugup yang muncul ketika presentasi dapat segera dikendalikan.


5. Gangguan Kecemasan
Penyebab terakhir yang dapat menimbulkan terjadinya kegugupan adalah karena gangguan kecemasan atau anxiety. Ganggan mental ini harus mendapatkan penanganan yang tepat sehingga tidak akan menggangu proses presentasi. 50% Orang akan kehilangan rasa percaya diri akibat perasaan cemas selama berbicara dihadapan umum hal ini selaras dengan sebuah penelitian yang dituangkan kedalam Journal of Education and Educational Development.


Inilah 5 penyebab timbulnya rasa gugup saat presentasi. Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x