Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Feb 9, 2018 in Articles | 0 comments

Seberapa Pentingkah Transisi dalam Presentasi ?

Seberapa Pentingkah Transisi dalam Presentasi ?

Motivator Jakarta | Transisi merupakan tahap menjernihkan pikiran ketika presentasi berlangsung. Tahap transisi merupakan kunci untuk memisahkan berbagai gagasan untuk mencapai kejelasan. Transisi memberi isyarat kepada audiens bahwa presenter telah menyelesaikan satu topik dan akan memulai topik selanjutnya. Dengan kata lain, transisi itu tidak terpisahkan dari keberhasilan sebuah presentasi.

Tahap transisi memungkinkan anda merangkum sesuatu yang baru saja anda katakan, mengingatkan audiens bahwa aka nada pergantian topic dan memberi waktu jeda, waktu untuk rileks, dan untuk mencerna topic terlebih dahulu sehingga audiens lebih siap berpartisipasi secara aktif pada topic berikutnya.

Baca Juga : Jeda dan Pengaruhnya

Terdapat beberapa fungsi transisi dalam presentasi :

1. Transisi sebagai Rangkuman

Kita harus mendengar sesuatu sebanyak tujuh kali sebelum kita dapat mengingatnya. Transisi menyadiakan kesempatan yang baik untuk mengulang isi materi sebelumnya, membuka peluang bagi audiens untuk memikirkan kaitan isi presentasi satu dengan yang lain, rangkuman juga dapat menyajikan materi dengan cara yang berbeda yang mungkin lebih jelas dan lebih dapat dimengerti oleh audiens.

2. Transisi sebagai Rambu

Tahap transisi juga dapat berfungsi sebagai rambu untuk memberitahu audiens tentang materi yang akan di sajikan berikutnya, transisi juga sebagai organisator handal untuk membantu audiens menyusun materi secara hierarki agar lebih mudah diingat.

3. Transisi sebagai Jeda

Perlunya memberikan jeda istirahat, jeda integrasi, dan jeda refleksi merupakan salah satu teknik yang diajarkan oleh Betty K. Cooper, yang disebut HUD (Hear, Understand, and Digest). Oleh karena itu, selain berfungsi sebagai rambu yang menuntun presenter dan audiens sepanjang presentasi, transisi juga berperan penting dalam memberi jeda kepada peserta sehingga audiens dapat mempelajari materi presentasi dan mencerna informasi se-efektif mungkin. (Mardiana Fitriani)

 

Motivator Indonesia | Motivator Jakarta

Untuk memahami teknik presentasi yang menarik klik DISINI dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan Public Speaking dan presentasi anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *