Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

4 Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari Side Hustle

“Nearly 10% of workers reported having a main job plus at least one other side gig, according to the latest work-from-home survey conducted by economists including Stanford University’s Nicholas Bloom. By contrast, the January employment report showed 8 million, or about 5% of US workers had multiple jobs, according to the Labor Department.” – Bloomberg.


Pembicara | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia | Side Hustle

Bekerja di lebih dari satu pekerjaan bukanlah hal baru, dan di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit seperti sekarang ini side hustle dianggap menjadi solusi paling efektif.

Apa yang membuat Side Hustle begitu menarik?

Side hustle adalah cara menghasilkan uang tambahan di luar penghasilan utama seseorang. Tetapi bagi banyak orang, pekerjaan sampingan adalah passion project, karena banyak yang memanfaatkan skill yang tidak digunakan di tempat kerja, atau mungkin merupakan ide bisnis yang diharapkan akan berubah menjadi usaha penuh waktu suatu hari nanti dan biasanya berawal dari hobi.

Kunci dari usaha sampingan yang bermanfaat adalah menemukan sesuatu yang Anda kuasai, yang Anda nikmati, dan itu akan menghasilkan uang tanpa memengaruhi pekerjaan utama Anda. Namun realitanya jauh lebih mudah diucapkan daripada praktiknya.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Side Hustle

Usaha sampingan punya banyak manfaat. Jika dilakukan dengan baik, side hustle tidak hanya bisa menghasilkan lebih banyak uang tetapi juga memberi Anda pengalaman berharga, mengajari Anda keterampilan baru, dan memperkaya karier Anda.

Namun jika tidak dilakukan dengan baik, hanya buang-buang waktu, merusak reputasi Anda, dan membuat Anda justru malas melakukan yang Anda suka lagi. Dan inilah beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari side hustle !


Baca Juga : Top 5 Side Hustle Yang Menjanjikan

1. Buat Jadwal Yang Jelas

Baik pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan Anda tidak akan mendapatkan perhatian penuh, sehingga dampaknya kinerja Anda justru akan menurun. Belum lagi waktu luang Anda terbuang percuma.

Agar tetap berjalan optimal di keduanya, Anda harus membuat seperangkat aturan dan berkomitmenlah. Misalnya, jadwalkan waktu tertentu untuk mengerjakan side hustle, jangan lakukan berbarengan. Dan pastikan untuk menyisihkan waktu untuk beristirahat.

2. Jangan Maruk

Siapa yang tidak suka uang? Kecenderungan manusia adalah mengambil peluang sekecil apapun untuk menghasilkan uang, meskipun harus mengorbankan banyak hal dan menjadi terlalu ambisius.

Bersikaplah realistis tentang berapa banyak waktu dan energi yang dapat Anda curahkan untuk pekerjaan sampingan Anda. Dan lakukan pekerjaan sesuai kapasitas dan jadwal Anda, untuk menghindari stres dan kelelahan.

3. Kejujuran Adalah Yang Terbaik

Jangan coba-coba menyembunyikan pekerjaan sampingan Anda dari atasan. Penting untuk memisahkan antara pekerjaan utama dan sampingan, namun merahasiakannya juga bisa membawa bencana, dan dapat merusak reputasi profesional Anda jika ketahuan.

Jujurlah dengan atasan Anda, yakinkan Mereka bahwa pekerjaan sampingan Anda tidak akan mengganggu kinerja Anda di tempat kerja, dan tunjukkan bagaimana Anda berniat menepati janji itu. Tapi yang harus diingat, Anda harus berkomitmen menepati janji dan terima apapun konsekuensinya.

4. Tidak Semuanya Tentang Uang

Tidak semua side hustle harus diukur dengan uang. Bisa jadi Anda melakukannya karena Anda suka dan itu adalah hobi yang bisa menghasilkan. Daripada mengukur segalanya dari uang, Anda cukup nikmati saja sebagai hiburan di sela kerja utama.

Side hustle memerlukan skill manajemen yang baik. Menjalani dua hal yang berbeda dalam waktu bersamaan bukanlah hal yang mudah. Ikuti Training Public Speaking bersama Ongky Hojanto untuk mendapatkan banyak informasi menarik seputar upgrade diri, komunikasi, serta management skill.

Ingin membaca artikel menarik lainnya seputar komunikasi dan manajemen?

Bisa kunjungi website kami di www.publicspeakingacademy.co.id 

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan 

Penulis Buku Best Seller 

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Source:

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x