Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Skill yang Diperlukan Seorang Pemimpin

“A leader must inspire or his team will expire.” – Orrin Woodward

 

Pernahkah Anda ditunjuk untuk memimpin suatu tim? Kemudian Anda bingung, skill apa saja yang diperlukan oleh seorang pemimpin. Alfredo Atanacio, Co-founder dari Uassist sebuah perusahaan admin jarak jauh yang menyediakan layanan untuk bisnis kecil dan wirausahawan sejak 2009, berpendapat bahwa ada 4 skill yang diperlukan oleh seorang pemimpin.

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Skill yang Diperlukan Seorang Pemimpin

Berikut skill-skill yang diperlukan oleh seorang pemimpin:

1. Menjadi Contoh

Anda bisa menjadi lebih dihargai oleh tim Anda jika memberikan contoh yang baik. Salah satu caranya dengan menunjukkan perilaku yang baik saat Anda menghadapi masalah setiap harinya, dengan ini kredibilitas Anda sebagai seorang pemimpin dapat meningkat.

Jadi Anda perlu menetapkan standar yang tinggi terhadap diri Anda, jika ingin Anda berharap banyak terhadap tim Anda. Sehingga Anda perlu menyelaraskan perilaku dan ucapan Anda, agar dapat mempengaruhi serta menginspirasi tim Anda.

2. Menunjukkan Integritas

Bagaimana seorang pemimpin mengambil keputusan dan berinteraksi dengan orang lain, diarahkan oleh pendirian yang dimiliki oleh pemimpin tersebut yang akhirnya merefleksikan perilaku mereka. Anggota tim sangat menghormati pemimpin yang memiliki pendirian sendiri, karena menurut mereka pemimpin tersebut merupakan pemimpin yang konsisten, bermoral dan tulus.

Terlebih, pemimpin yang baik juga perlu juga jelas tentang apa yang mereka yakini sebagai benar dan salah. Selain itu, mereka perlu menunjukkan bahwa mereka dapat menepati janji, menunjukkan empati yang tinggi dan jujur.

 

Baca Juga: Bagaimana leader yang baik berkomunikasi(?)

 

3. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Sifat-sifat yang penting dimiliki oleh seorang pemimpin adalah ringkas, penuh pengertian dan jelas saat berkomunikasi. Mereka juga mengerti bahwa komunikasi tidak hanya mendengarkan dengan penuh perhatian dan memberikan jawaban untuk situasi yang kompleks.

Sehingga seorang pemimpin tahu cara mengkomunikasikan ide, menanyakan pertanyaan yang berbobot, jelas saat memberikan informasi dan mengkomunikasikan target dan standar terhadap tim secara efektif. Dengan begitu tim akan merasa bahwa mereka dihargai dan didengar oleh Anda.

4. Dapat Mengambil keputusan yang sulit

Mengetahui cara mengambil keputusan yang sulit dengan cepat walaupun minim informasi, merupakan sesuatu yang penting bagi pemimpin agar dapat bekerja secara efektif.

Anda dapat melakukannya dengan cara mengidentifikasi masalah yang ada dan apa yang ingin dicapai. Kemudian menulis konsekuensi dari semua  pilihan keputusan yang dapat Anda ambil.

Seorang pemimpin harus dapat bertanggung jawab atas keputusan yang dia ambil. Dengan begitu dia akan lebih dihormati dan juga dapat belajar dari kesalahan sehingga kedepannya dapat mengambil keputusan yang lebih baik.

 

Cobalah memperhatikan empat hal di atas, sehingga Anda mempunyai skill seorang pemimpin yang baik. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Illona 081882850909

 

Klik disini: Rahasia Sukses Hadapi Konsumen Cuek

Semoga Bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x