Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Strategi Membangun Brand Awareness

Your brand is the single most important investment you can make in your business.” – Steve Forbes

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Strategi Membangun Brand Awareness

Brand awareness adalah ukuran seberapa baik orang mengenal merek Anda, termasuk seberapa sadar orang-orang bahwa merek Anda ada. Meningkatkan brand awareness merupakan tantangan yang terus-menerus bagi setiap pengambil keputusan bisnis. Perlunya strategi yang tepat agar brand awareness dapat dirasakan oleh konsumen dan memberikan dampak positif bagi bisnis. Adanya brand awareness membantu bisnis untuk lebih dikenal dengan orang banyak dan mendapatkan konsumen. Hal ini selaras dengan ungkapan Allie Decker seorang content marketer and strategist bahwa brand awareness sangat penting untuk kesuksesan bisnis dan tujuan pemasaran secara keseluruhan. Lalu, bagaimana strategi yang tepat untuk membangun brand awareness ?

Berikut 8 strategi membangun brand awareness yang dikemukakan oleh Lene Solheim seorang customer success manager :

Baca juga : Menciptakan Pengalaman Kepribadian Terhadap Merek ? Ini Caranya !

1. Bangun merek yang mudah dikenali dan konsisten
Merek Anda harus dapat dikenali, unik, dan konsisten. Hati-hati dalam penggunaan warna yang digunakan merek Anda karena warna memiliki peranan meningkatkan pengenalan merek hingga 80%. Anda juga harus memastikan gaya dan tampilan merek Anda konsisten.

2. Gunakan iklan berbayar
Meningkatkan pengenalan terhadap merek Anda dan menjangkau lebih luas dapat menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ads. Pahami audiens dan siapkan penargetan yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal dari iklan berbayar. Apabila dilakukan dengan benar, brand awareness Anda dapat meningkat hingga 80% melalui Google Ads.

3. Investasi pada SEO dan content marketing
SEO dan content marketing membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan hasil, namun sebesar 53% bisnis mengandalkan pemasaran konten sebagai strategi branding. Kebanyakan orang menggunakan Google untuk mencari produk dan layanan. Oleh karena itu, tampil pada tingkat teratas di Google adalah bagian penting dari setiap strategi brand awareness.

4. Mencari informasi kegiatan pemasaran bersama
Anda dapat bergabung dengan merek lain yang memiliki target audiens yang sama dengan Anda. Misalnya, Anda memproduksi kereta bayi dapat bergabung dengan produksi produk bagi lainnya seperti mainan.

5. Gunakan influencer dan pemasaran konsumen
93% pemasar menggunakan influencer dalam mengembangkan brand awareness sehingga membuktikan kekuatan pemasaran influencer dalam meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Menurut penelitian, 60% pemasar mengatakan konten yang dibuat influencer memiliki kinerja lebih baik dan mendorong lebih banyak keterlibatan dibandingkan postingan merek. Influencer mengetahui bagaimana membangun kepercayaan dengan audiens mereka dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

6. Program advokasi karyawan
Karyawan sebagai duta merek dapat memanfaatkan jaringan mereka untuk membicarakan produk dan layanan Anda serta menarik pelanggan baru. Menurut Edelman Trust Barometer, konsumen menganggap karyawan lebih dapat dipercaya daripada pemasaran perusahaan.

7. Berikan perhatian khusus kepada customer service
73% konsumen menyukai suatu merek karena customer service yang membantu. Berikan pengalaman konsumen yang luar biasa sebagai strategi brand awareness dan pengenalan merek yang paling efisien.

8. Jangan lupakan pemasaran secara offline
Beberapa industri menggunakan pemasaran secara offline, misal media cetak, radio, acara, dan TV sebagai cara efisien. Misal, jika Anda adalah industri yang menargetkan audiens lansia, TV merupakan cara terbaik untuk menjangkau dan mempengaruhi audiens target Anda.

Cobalah memperhatikan delapan hal di atas, sehingga Anda dapat mengimplementasikan strategi membangun brand awareness dengan baik dan benar. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Ciptakan Pengalaman Konsumen yang Bermakna – Bukan Sekadar Transaksi
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x